Bank Indonesia Gandeng SAM Air Distribusi Uang Rupiah ke Serui dan Wamena

  • Whatsapp
Kepala Bank Indonesia Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga bersama President Direktur PT Semuwa Aviasi Mandiri (SAM Air) menunjukkan berita acara kerjasama usai ditandatangani.

JAYAPURA, FP.COM – Bank Indonesia  Perwakilan Provinsi Papua bekerjasama dengan PT Semuwa Aviasi Mandiri (SAM Air) terkait pendistribusian uang rupiah ke wilayah Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen dan Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Kerjasama tersebut diwujudkan melalui penandatanganan berita acara yang dilakukan oleh Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga bersama President Direktur SAM Air, Wagus Hidayat, di Bandara Sentani Jayapura, Selasa (12/5/2020) pagi.

Read More

iklan

Naek Tigor Sinaga mengatakan, SAM Air akan mendistribusikan uang rupiah ke kas titipan Bank Indonesia di Serui yaitu di Bank BRI dan Bank Papua di Wamena.

Naek mengatakan bahwa jangkauan distribusi uang rupiah oleh Bank Indonesia di Papua tidak bisa efisien dan efektif lantaran kantor perwakilan Bank Indonesia hanya ada di Kota Jayapura yang merupakan ibukota Provinsi Papua.

Naek mengungkapkan bahwa sejak beberapa tahun lalu Bank Indonesia bekerjasama dengan bank umum sebagai kas titipan untuk pendistribusian uang rupiah.

“Tentunya dalam mendistribusikan uang rupiah ke kas titipan, kami menggunakan transportasi udara dan laut reguler. Tetapi sejak pembatasan sosial diberlakukan pada 26 Maret 2020 sebagai upaya mencegah penyebaran wabah virus corona atau Covid-19  di Papua, akses penerbangan reguler ditiadakan, sehingga untuk mendistribusikan uang rupiah ke kas titipan, kami encari terobosan, salah satunya kerjasama dengan SAM Air,” jelas Naek.

Naek mengungkapkan, sebelumnya Bank Indonesia telah bekerjasama dengan SAM Air untuk pendistribusian uang rupiah ke kas titipan di Nabire.

Dalam meningkatkan efisiensi pengiriman uang rupiah, SAM Air memberikan paket Flight 2 Pay 1/Terbang 2 kali Bayar 1 kali (F2P1) yaitu Bank Indonesia cukup membayar satu kali untuk dua kali penerbangan. Ia berharap kerjasama tersebut di masa Covid-19 dapat berjalan lancar, aman dan lebih efisien.

President Direktur SAM Air, Wagus Hidayat menyampaikan terimakasih kepada Bank Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada perusahaan SAM Air untuk melaksanakan pendistribusian uang rupiah ke sejumlah wilayah di Papua.

Ia berharap kerjasama tersebut menjadi motivasi bagi masyarakat sehingga perekonomian yang mengalami kontraksi di masa pandemi corona ini dapat segera membaik.

Penandatanganan kerjasama turut disaksikan oleh Direktur Operasional Bank Papua, Isak Wopari, Pemimpin BRI Wilayah Jayapura, GDE Winata, Danlanud Sentani, Marsekal Pertama TNI AU Ir. Triwibowo Budi Santoso dan Kapolsek Kawasan Bandara Sentani, Iptu Ihaka M Imoliana. (FPKontr1)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *