Baznas Papua Target Himpun Zakat Rp1,5 Miliar

  • Whatsapp
Ketua Baznas Papua, Merza Edy Nadzari.

JAYAPURA, FP.COM – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Papua menargetkan menghimpun zakat senilai Rp1,5 miliar pada bulan Ramadan 1442 Hijriyah/2021.

Ketua Baznas Provinsi Papua, Merza Edy Nadzari mengatakan, target tersebut meningkat dibandingkan Ramadan 1441 H/2020 yang terhimpun sebesar Rp1 miliar.

Read More

“Tahun lalu realisasi penghimpunan zakat bulan ramadan mencapai Rp1 miliar. Oleh karena itu, tahun ini kita naikkan targetnya,” ucap Merza, Rabu (21/4/2021).

Merza mengatakan, zakat yang terhimpun akan disalurkan dalam beberapa jenis bantuan yaitu paket santunan hari raya berjumlah 1.600 paket.

“1.200 paket di antaranya dibagikan ke 12 Kabupaten/Kota, sementara, sisanya sebanyak 400 paket dibagikan di wilayah Kota Jayapura dan sekitarnya. Satu paket senilai Rp400 ribu,” jelas Merza.

“Kemudian, ada santunan hari raya untuk Ustadz sebanyak 120 paket di 7 wilayah yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten keerom, Kabupaten Mappi, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Sarmi,” lanjut dia.

Selain itu, selama Ramadan ini, Baznas Papua juga membagikan takjil sebanyak 900 paket yang difokuskan di 4 titik di Kota Jayapura, serta kegiatan buka puasa bersama dengan anak yatim dari 7 panti asuhan atau pesantren di Kota Jayapura.

Pihaknya juga akan menyalurkan zakat fitrah dengan target 300 paket khusus bagi Kota Jayapura. Sementara, daerah lainnya, kata Merza, target penyaluran zakat fitrah oleh masing – masing Baznas kabupaten/kota.

“Kami juga punya santunan ramadan berupa natura yang dalam waktu dekat akan dibagikan untuk 200 Dhuafa,” jelas Merza.

Sementara itu, Ketua Panitia Ramadan 1442 Hijriyah Baznas Papua, M.Rum Rumadan mengatakan, Baznas Papua akan menggelar puncak Ramadan 1442 Hijriyah pada 4 Mei mendatang di aula LPTQ Kotaraja, Kota  Jayapura.

“Dalam puncak kegiatan Ramadan 1442 Hijriyah tersebut akan disalurkan secara simbolis bantuan berjumlah 1.600 paket berupa uang tunai senilai Rp250 ribu untuk masing – masing penerima, dan natura atau paket sembako senilai Rp150 ribu,” jelas Rumadan.

Untuk Ustadz, kata Rumadan, santunan hari raya diberikan senilai Rp500 ribu uang tunai, dan paket sembako senilai Rp250 ribu. (FPKontr1)

RS Abe

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *