Kesiapan Sub PB PON Kota Jayapura 100 Hari Menuju PON XX

  • Whatsapp
Hitung mundur 100 hari menuju PON tahun 2021 Papua/Foto: Youtube Humas Pemkot Jayapura

JAYAPURA, FP.COM – Ketua Sub PB PON Kota Jayapura yang juga Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano (BTM) memaparkan kesiapan klaster Kota Jayapura 100 hari menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021, Kamis (24/6/2021) malam.

Di Kota Jayapura, ada 16 venue yang dibangun menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua dan APBD Kota Jayapura, dan di klaster Kota Jayapura akan dipertandingkan 16 cabang olahraga dan 22 disiplin,” jelas BTM.

Read More

iklan

iklan

Venue – venue tersebut, kata BTM, telah dilakukan pemeriksaan oleh Pantia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) dan Tim Delegate KONI Pusat.  Bersama panitia Sub PB PON Kota Jayapura, KONI Pusat telah turun langsung melihat kesiapan venue.

BTM menyebut, PON adalah ajang prestasi, karenanya dia meminta panitia dan seluruh warga Kota Jayapura menjadi tuan rumah yang baik untuk menyambut duta – duta olahraga yang akan datang ke Kota Jayapura.

Program selanjutnya dalam rangka menyukseskan PON di Papua, kata BTM, bertemu dengan Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA), Ondoafi, paguyuban dan tokoh agama di wilayah Kota Jayapura.

“Kami juga melibatkan usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Jayapura supaya ada nilai ekonomi bagi masyarakat Kota Jayapura,” kata BTM.

Selain PON, Kota Jayapura juga tengah mempersiapkan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI yang akan berlangsung 2-15 November 2021.

“Ada 6 cabang olahraga Peparnas yang akan dipertandingkan di Kota Jayapura. Kita siap sukseskan PON dan Peparnas, karena Kota Jayapura adalah ibukota Provinsi Papua, dan cabang olahraga terbanyak ada di kota ini,” ucap BTM.

Kesiapan lainnya, lanjut BTM, menggelar Gebyar Vaksin Covid-19. Masyarakat Kota Jayapura, terlebih yang tinggal di sekitar venue PON akan divaksin termasuk pedagang souvenir agar mereka dapat menonton secara langsung PON di Kota Jayapura.

BTM meminta warga Kota Jayapura untuk memviralkan ke seluruh Indonesia bahwa Papua aman, Papua damai, dan Papua siap menyelenggarakan PON XX di Tanah Papua.

“Mari kita gaungkan ini bahwa Papua dengan tagline “Torang Bisa”, Papua Bisa dan Siap menyelenggarakan PON XX pada 2-15 Oktober mendatang,” ujar BTM.

Launching Merchandise dan AMDK Nanwani

Pada kesempatan tersebut, SUB PB PON Kota Jayapura melaunching merchandise PON berupa noken dan topi bermahkota bulu kasuari serta air minum dalam kemasan (AMDK) merek Nanwani produksi PDAM Jayapura.

“Noken dan topi akan kita pakaikan kepada seluruh kontingen yang datang ke Kota Jayapura. Sementara, AMDK Nanwani, saya harap menjadi air minum mineral bagi peserta PON yang ada di Kota Jayapura,” kata BTM.

“AMDK Nanwani lagi diuji di laboratorium dan sedang menunggu perizinan untuk kita konsumsi. Nanwani artinya air kehidupan,” jelasnya. (FPKontr1)

KONI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *