Lewat Mesin ADM, Cetak Dokumen Kependudukan Lebih Cepat dan Mudah

  • Whatsapp
Warga Kota Jayapura mencetak dokumen kependudukannya lewat mesin ADM.

JAYAPURA, FP.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan. Hal itu ditandai dengan diresmikannya mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) oleh Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano didampingi Wakil Wali Kota Jayapura, H.Rustan Saru serta Plt. Kepala Dinas Dukcapil Kota Jayapura, Andi Rahmiwati, Selasa (23/3/2021).

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan, Pemkot Jayapura terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya dengan hadirnya mesin ADM. Di Indonesia, lanjut Wali Kota, baru 7 pemda yang menggunakan mesin ADM dan di Papua baru 2 Pemda yaitu Kota Jayapura dan Kabupaten Mimika.

Read More

“Mesin ADM sangat cocok digunakan terlebih di masa pandemi Covid-19 lantaran menggunakan sistim informasi teknologi, dan ini gratis tanpa dipungut biaya. Mempermudah dan membahagiakan masyarakat, inilah kehadiran pemerintah,” ucap Wali Kota.

“Kita terus bergerak cepat karena semakin majunya teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak positif bagi informasi yang di butuhkan, kapanpun dan dimanapun kita berada,” lanjut Wali Kota.

Plt. Kepala Dinas Dukcapil Kota Jayapura, Andi Rahmiwati menjelaskan,  mesin ADM adalah mesin pencetak dokumen kependudukan yang terdiri dari KTP elektronik, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA) dan Akta Pencatata Sipil. Ini juga merupakan terobosan yang memudahkan pelayanan kepada masyarakat di masa pandemi ini.

Mesin ADM dirancang khusus agar masyarakat bisa mencetak dokumen dengan cepat, mudah, gratis dan berstandar sama tanpa diskriminasi, tidak mempersulit jarak dan waktu, serta membahagiakan masyarakat sejalan dengan adaptasi kebiasaan baru.

“Dengan adanya mesin ADM ini, beragam pelayanan administrasi kependudukan semakin mudah dan cepat. Masyarakat yang membutuhkan dokumen kependudukan bisa langsung ke kantor Dukcapil, mengurus lewat online, dan sekarang bisa melalui mesin ADM,” ujar Rahmiwati.

Warga Kota Jayapura, Roberto Monim mengapresiasi Pemkot Jayapura terhadap pelayanan kepada masyarakat dengan menghadirkan mesin cetak dokumen kependudukan tanpa antri, tanpa ribet, mudah, cepat dan gratis.

“Alat ini sangat membantu karena hanya pakai barcode, kita tidak perlu lagi antri di kantor Dukcapil tapi langsung ke mesin ADM, menggunakan kode pin yang telah dikirim admin ke masing – masing email penduduk yang akan melakukan cetak dokumen, dokumen kependudukan langsung keluar lewat mesin tersebut,” ucap Roberto. (FPKontr1)

RS Abe

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *