Pemprov Papua Gelar Upacara HUT RI di Gedung Negara

  • Whatsapp
Tempat pelaksanaan upacara HUT RI Pemprov Papua di Gedung Negara.

JAYAPURA, FP.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua akan tetap menggelar upacara peringatan HUT RI ke-76 tahun 2021 meski dalam situasi pandemi Covid-19. Upacara diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dengan tamu undangan sangat terbatas.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Papua Jery Yudianto di Jayapura, Senin (16/8/2021) mengatakan upacara peringatan HUT RI ke-76 di tingkat Pemprov Papua di gelar di Gedung Negara.

Read More

iklan

iklan

“Untuk perayaan Hari Ulang Tahun Proklamasi ke-76 tahun ini masih ini sama dengan tahun kemarin, namun kita laksanakan secara sederhana tetapi khidmat,” ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan upacara ini juga akan berlangsung secara terbatas. Sesuai instruksi Menteri Sekretaris Negara, tiap daerah Provinsi dan Kabupaten Kota itu melaksanakan upacara dengan kapasitas yang sangat terbatas.

“Peringatan dialihkan ke Gedung Negara sesuai instruksi tersebut yakni jumlah peserta upacara yang sangat terbatas. Peserta upacara nantinya hanya perwakilan dari ASN, Korpri, TNI/Polri, mahasiswad dan pelajar. Tetapi jumlahnya sangat sedikit sekali nanti,” jelas Jerry.

Meski begitu, Jerry menyatakan pelaksanaan upacara HUT RI yang dibatasi kapasitanya ini dan menerapkan protokol kesehatan ketat sama sekali tak mengurangi khidmat dan semangat peringatan kemerdekaan RI.

“Memang di tengah pandemi Covid-19 ini banyak kegiatan yang ditiadakan, seperti lomba-lomba 17an dan lainnya. Tetapi tentunya tidak mengurangi rasa khidmat masyarakat Papua untuk merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Jery.

Ia menambahkan, upacara tersebut akan digelar mulai pukul 10.00 hingga 11.00 WIT. Setelah itu dilanjutkan dengan mengikuti upacara HUT RI secara virtual dari Istana Negara khusus untuk Forkopimda Papua.

“Upacara virtual ini diikuti oleh unsur Forkopimda dengan jabatan setingkat Pratama dan Madya di Aula Lukmen di Gedung Negara. Jadi di Aula ini pun kapasitasnya sangat terbatas,” jelas kemudian.

Lanjutnya, upacara penurunan bendera sendiri akan berlangsung mulai pukul 17.00 hingga 18.00 WIT. Setelah pelaksanaan upacara penurunan bendera dilanjutkan dengan upacara virtual dari Istana Negara pukul 19.00 WIT.

“Jadi untuk masyarakat di Papua bisa menyaksikan pelaksanaan upacara HUT RI tingkat Provinsi Papua melalui live streaming di Youtube milik Pemprov Papua dan RRI Jayapura serta TVRI Papua,” pungkasnya. (FPKontr3)

KONI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *