Sambal Buah Merah Membawa Susilowati Jadi Peserta Terbaik Nasional AHM Best Student 2020

  • Whatsapp
Susilowati Siregar meraih predikat Gold pada AHM Best Student 2020/Foto: Istimewa

JAYAPURA, FP.COM – Astra Motor Papua selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda di Papua dan Papua Barat kembali membawa 2 siswi SMA berprestasi untuk mengikuti kompetisi nasional ide dan kreativitas di ajang Astra Honda Motor (AHM) Best Student 2020 yang diadakan oleh AHM.
Perwakilan dari Astra Motor Papua yang berasal dari SMAN 3 Jayapura Susilowati Siregar menjadi peserta terbaik nasional peraih predikat Gold pada AHM Best Student 2020 dengan karya Sambal Buah Merah sebagai Sambal Nusantara oleh-oleh khas Papua.
Setelah beradu ide dan kreativitas terbaik, terpilihlah 5 pemenang terbaik Astra Honda Motor (AHM) Best Student 2020 menyisihkan 847 siswa SMA/SMK/MA/MAK dari berbagai wilayah di Indonesia.
Peraih predikat Gold AHM Best Student 2020 ini yaitu Susilowati Siregar dari SMA Negeri 3 Jayapura, Papua dengan karya yang memanfaatkan tanaman endemik Papua yaitu buah merah diolah menjadi sambal yang akan menjadi oleh-oleh khas Papua.
Kedua, M. Rafhi Rihadatusyawal dari SMK Mitra Industri MM2100, Jawa Barat dengan karya alat menarik dan sesuai dengan konteks zaman.
Ketiga, Salsabila Tri Rahmi dari SMA Negeri 1 Sitiung, Sumatera Barat dengan dedikasi tingginya dalam membantu peningkatan hasil panen petani lokal dengan mengembangkan inovasi pemberantas hama ramah lingkungan dan pupuk organic yang terbuat dari jengkol dan keong mas.
Keempat, Theresia Febriana Mei dari SMK Negeri 5 Berau, Kalimantan Timur yang berhasil mengembangkan karya solusi tepat dengan memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan alat penepung bagi beras, ketan, ketumbar, merica, dan sawut ubi.
Kelima, I Putu Evan Priya Saguna dari SMA Negeri 4 Denpasar, Bali dengan mengembangkan karya perangkat elektronik sebagai alat bantu berjalan penyandang tuna netra dengan mendeteksi guilding block, sehingga meminimalisasi kesulitan saat berjalan di trotoar.
Region Head Astra Motor Papua, Wendy Tenario mengatakan, turut bergembira lantaran Susilowati dari SMA Negeri 3 Jayapura yang berprestasi dengan kreativitas karya sambal buah merah nya serta tidak hanya berprestasi dalam akademik di sekolah namun juga dapat menunjukkan prestasinya di kancah nasional.
Kelima karya terbaik AHM Best Student 2020 ini berhasil meraih predikat Gold berdasarkan penilaian terhadap kreativitas gagasan, dampak yang dihasilkan, kemungkinan keberhasilan penerapan, kekuatan penyajian data dan sumber informasi, serta kemampuan presentasi yang dimiliki.
Apresiasi tinggi diberikan kepada para pemenang pada ajang Seminar Inspirasi dan Penganugerahan AHM Best Student pada Sabtu (14/11/2020).
General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan AHM Best Student tahun ini dikemas berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.
Bertema Satu Hati Menuju Indonesia Maju, AHM Best Student 2020 memilliki lima kategori perlombaan yang meliputi tema pendidikan, lingkungan, kesehatan, ekonomi, serta inovasi di bidang teknologi.
Keberagaman kategori ini memberi ruang lebih banyak bagi para siswa dengan berbagai minat ilmu untuk berkreasi dalam kompetisi ini, sehingga menjadikannya lebih komprehensif sekaligus menantang.
“AHM Best Student 2020 melahirkan harapan baru bagi masyarakat dalam hal karya yang kreatif, cerdas dan bermanfaat. Kami ingin mengapresiasi anak-anak milenial yang kreatif dan tetap produktif meskipun di masa pandemi ini,” ujar Muhibbudin.
“Karya anak-anak ini tidak hanya bermanfaat bagi mereka saja, namun juga berdampak untuk sesama,” lanjut dia.
Para pemenang AHM Best Student 2020 berhak mendapatkan beasiswa dengan total lebih dari Rp100 juta.
Bagi 5 peserta peraih predikat Gold masing-masing mendapatkan beasiswa sebesar Rp10 juta.
Selain itu, terpilih 7 peserta peraih predikat Silver yang masing-masing mendapatkan Rp1,5 juta.
AHM Best Student 2020 juga memberikan apresiasi bagi 42 siswa peraih predikat Bronze dengan beasiswa masing-masing sebesar Rp1 juta.
“Saya sangat senang dapat mengikuti kompetisi ini sekaligus memperkenalkan kearifan lokal Papua di kompetisi tingkat nasional.
“AHM Best Student sangat memberikan tantangan untuk terus produktif dalam kondisi pandemi saat ini. Semoga hasil karya saya dapat membuka potensi usaha yang nantinya dapat membantu perekonomian petani di Papua,” ujar Susilowati.
Memasuki tahun pelaksanaan ke-18, AHM Best Student 2020 terus disempurnakan untuk memberi manfaat lebih bagi peserta maupun penerima manfaat di sekitarnya.
Pada tahun ini, AHM Best Student hadir dengan konsep pelaksanaan baru yang menyesuaikan dengan proses pembelajaran jarak jauh yang diterapkan di dunia pendidikan saat ini.
Keseluruhan proses kompetisi mulai dari sosialisasi, seleksi, kegiatan pengayaan ilmu, hingga penganugerahan pemenang dilakukan secara daring.
Pengujian dimulai dengan seleksi karya tulis siswa berdasar tema yang mereka pilih dan kuasai.
Peserta dengan karya tulis yang kreatif dan inovatif berkesempatan melakukan seleksi presentasi yang dilakukan daring secara bertahap mulai dari main dealer, area regional, hingga seleksi final di tingkat nasional dengan juri-juri profesional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, PPM School of Management, dan perwakilan manajemen AHM. (FPKontr1)

KONI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *