Sanksi OKB Tak Pakai Masker Hari Ini, Kerja Sosial Bersihkan Jalan

  • Whatsapp
Pemkot Jayapura menunjukkan rompi OKB bagi warga yang masih kepala batu. Rompi ini dipakai saat membersihkan jalan sebagai sanksi tak pakai masker.

JAYAPURA, FP.COM – Pemerintah Kota Jayapura menggelar apel sweeping masker dan alat protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai Covid-19 Di Kota Jayapura, Selasa (23/6/2020).

Di kesempatan tersebut, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, dalam arahannya menyampaikan bahwa salah satu alat pelindung diri (APD) untuk memotong mata rantai virus Corona (Covid-19) adalah dengan penggunaan masker.

Read More

iklan

iklan

“Saya pastikan jumlah penduduk di Kota Jayapura sudah menggunakan masker sebagai alat pelindung diri (APD). Pemerintah Kota sudah mengeluarkan Peraturan Walikota (Perwal) No. 19 tahun 2020 tentang masker dan hal itu bertujuan sebagai sasaran perorangan, pertokoan, mal, kios dan masyarakat pengguna transportasi roda dua maupun roda empat,” terangnya.

Peraturan wali kota ini, kata BTM belum ada sanksi denda, namun Perda baru ada sanksi berupa denda. “Hari ini kita melakukan sweeping masker di lima distrik dan sanksi yang kita berikan yaitu teguran lisan dan sosial seperti membersihkan jalan di Kota Jayapura yang sudah ditentukan oleh tim gugus tugas dengan menggunakan rompi bertuliskan Orang Kepala Batu (OKB),” terangnya.

Wali kota menambahkan, dalam menjalankan tugas di lapangan jangan arogan, kedepankan sikap humanis dan sosialisasi supaya mereka paham dengan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai covid-19.

Sementara itu Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, turut hadir di kesempatan itu juga mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan persuasif dan apabila ada kendala dapat dilaporkan kepada masing-masing komandan di lapangan. “Secara teknis kita akan melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk bapak Wali Kota Jayapura,” ujarnya.

“Saya minta dalam memberikan himbauan kepada masyarakat dapat dilaksanakan secara humanis, kita sampaikan tentang pentingnya menggunakan masker, jaga jarak dan rajin mencuci tangan serta menghindari kerumunan. Agar masyarakat dapat memahami bahwa hal tersebut merupakan langkah dan upaya kita bersama untuk memutus penyebaran virus Corona di Kota Jayapura,” jelas Urbinas.

Ia berpesan agar semua personil yang terlibat dalam kegiatan ini untuk menjaga kesehatan, tetap menggunakan masker, petuhi protokol kesehatan dan melaksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab. (Dadang)

KONI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *