Tak Batalkan Puasa, Ketua MUI Papua Minta Umat Tak Khawatir Divaksin

  • Whatsapp
Ketua MUI Papua, KH.Syaiful Islam Al Payage.

JAYAPURA, FP.COM – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua, KH.Syaiful Islam Al Payage meminta kepada umat Islam agar tidak khawatir untuk menerima vaksinasi Covid-19 selama menjalankan ibadah puasa lantaran vaksin tersebut tidak membatalkan puasa karena dalam kondisi darurat.

“Bahwa sesungguhnya umat Islam harus taat perintah pertama kepada Allah SWT, kedua taat kepada Rasullullah SAW dan ketiga taat kepada ulama dan umaroh atau pemerintah. Artinya vaksin ini perintah dari umaroh untuk dilakukan se-Indonesia, sehingga MUI dan seluruh tokoh agama sangat menganjurkan untuk melakukan vaksinasi Covid-19,” ucap Syaiful, Sabtu (27/3/2021).

Read More

iklan

iklan

Syaiful menjelaskan, dalam prinsip Islam ada 5 syariat Islam salah satunya untuk kelangsungan jiwa, manusia di atas segala-galanya, maka vaksin salah satu menghambat laju virus corona, selain itu juga untuk menyelamatkan nyawa rakyat Indonesia yang mayoritas umat Islam.

Syaiful berharap umat Islam mengikuti arahan pemerintah, juga berharap tahun 2021 ini virus corona ditangani dengan baik.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr.Aaron Rumainum mengatakan, pihaknya menganjurkan untuk tidak menyuntikkan vaksin Covid-19 pada 5 hari pertama puasa.

“Untuk memberikan kesempatan kepada yang berpuasa melakukan adaptasi, ini sesuai dengan fatwa MUI,” kata dokter Aaron. (FPKontr1)

KONI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *