Telkom Akui Tak Bisa Bangun Jaringan Fiber Optik di Wamena

  • Whatsapp
Jaringan telekomunikasi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya/Foto: Istimewa

JAYAPURA, FP.COM – General Manager Telkom Witel Papua, Sugeng Widodo mengatakan, ratusan pelanggan Telkom di Wamena, Kabupaten Jayawijaya hingga kini masih menggunakan jaringan internet Speedy.

Menurutnya, sesuai regulasi, Telkom tidak dapat membangun jaringan di jalur yang dilalui Palapa Ring Timur (PRT).

Read More

iklan

iklan

“Di Wamena sudah menggunakan PRT, untuk Telkom 100Mbps, dan Telkomsel 400 Mbps. Kami juga akan menambah bandwidth (kapasitas maksimum), tetapi saat ini terkendala dengan pembatasan aktivitas sejak adanya wabah Covid-19,” terang Sugeng, Rabu (15/7/2020). 

“Kita akan tambah bandwidth 500 Mbps, nanti dari Merauke ke Waropko menggunakan fiber optik, dari Waropko ke Wamena menggunakan Radio Internet Protocol (IP Radio), karena daerah pegunungan kami kesulitan menggunakan fiber optik, makanya belum ada pembangunan jaringan Indihome,” sambungnya.

Sugeng mengatakan bahwa jaringan internet di Wamena yang digunakan Telkomsel 1.025 Mbps, masing-masing 625 Mbps dari satelit dan 400 Mbps dari PRT.

“Untuk Telkom, kami menggunakan 200 Mbps, masing-masing 100 Mbps dari satelit dan 100 Mbps dari PRT,” ucapnya. (FPKontr1)

KONI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *