TP2DD Mimika Dikukuhkan, Ini Tugasnya

  • Whatsapp
Pengukuhan TP2DD Mimika/Foto: Dok. BI Papua
FKUB Puasa

MIMIKA, FP.COM – Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Mimika resmi dikukuhkan sekaligus penyerahan SK Bupati Mimika Nomor 154 Tahun 2021 tentang Pembentukan, Selasa (30/3/2021) lalu.

Kegiatan ini disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Papua, Klemen Tinal bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga beserta seluruh pimpinan OPD Kabupaten Mimika. 

Read More

Mudik

Kepala Pewakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga mengatakan, pembentukan TP2DD ini sebagai langkah awal untuk mengakselerasi percepatan digitalisasi dan pengimplementasian elektronifikasi transaksi pemerintah baik dari sisi belanja dan penerimaan.

Hal ini sejalan dengan amanat Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah untuk melakukan Pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) baik di tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota.

Percepatan dan Perluasan Digitalisasi melalui Pembentukan TP2DD ini dimaksudkan untuk, pertama, meningkatan efektivitas dan efesiensi layanan publik, sebagai upaya mendorong dan mengoptimalkan pendapatan daerah dan kesehatan fiskal.

Kedua, mendorong implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETP), ketiga, mendukung tata kelola serta transparansi yang semakin baik.

Keempat, mendukung pengembangan transaksi pembayaran digital dan mewujudkan keuangan yang inklusif, sebagai upaya meningkatkan integrasi ekonomi dan keuangan digital nasional.

Naek menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Mimika yang telah merespon dengan cepat terkait Pembentukan TP2DD dimaksud.

“Bank Indonesia tentunya akan bersinergi bersama-sama dengan Kabupaten Mimika untuk mewujudkan Mimika sebagai langkah awal transformasi Sistem Pembayaran Indonesia dalam membantu percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan digital,” ucap Naek.

Melalui kerjasama yang erat antara Pemerintah Daerah, Bank Indonesia, dan Otoritas jasa Kuangan di masing-masing wilayah yang didukung dengan adanya pembentukan TP2DD di seluruh wilayah Provinsi Papua, lanjut Naek, diharapkan dapat menjadi motor penggerak utama dalam percepatan digitalisasi daerah.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng menyambut baik hadirnya TP2DD, terutama dalam hal akselerasi digitalisasi di Kabupaten Mimika sekaligus mengoptimalkan pendapatan daerah.

“Ke depan, infrastruktur jaringan maupun kesiapan sumber daya manusia (SDM) juga akan terus digalakkan, mengingat hadirnya digitalisasi sangat bergantung pada pemanfaatan yang lebih optimal,” kata Bupati Omaleng. (Redaksi FP)

FKUB

RS Abe

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *