Amankan Jalannya PON, TNI Siapkan 5.000 Personel

  • Whatsapp
Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayor Jenderal Ignatius Yogo Triyono

SENTANI, FP.COM – Tentara Nasional Indonesia (TNI) memastikan ikut mengawal dan menjamin keamanan selama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang akan digelar dari tanggal 2 Oktober hingga 15 Oktober mendatang.

Read More

Jumlah tersebut menurut Panglima Daerah Militer (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal Ignatius Yogo Triyono merupakan gabungan dari Kodam sebanyak 4.000 personel serta tambahan pasukan Lantamal dan Lanud sebanyak 1.000 personel.

“Kami dari Kodam siap 4.000 personel, kalau sekiranya nanti kurang akan kita tambah. Kemudian dari Lanud dan Lantamal juga ada, jadi sekitar 5.000 personel,” ujar Ignatius Yogo Triyono kepada wartawan seusai acara pembukaan Chief de Mission (CdM) Meeting II PON XX Papua 2021, Rabu (7/4/2021).

Meski begitu, Ignatius masih akan melihat lagi perkembangan selanjutnya bersama pihak Kepolisian (Polda Papua) dan pihak Panitia Besar PON XX Papua terkait sistem pengamanan yang nantinya akan diterapkan pada saat pelaksaan PON.

“Nanti kalau ada tambahan, kita akan ajukan ke Markas Besar (Mabes) TNI,” tambahnya.

Selain itu, pihak keamanan baik itu TNI dan Polri juga masih akan melihat dan mengacu pada pelaksaan Olimpiade Tokyo, khususnya perihal sistem keamanan di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Hal ini terkait bagaimana setiap pertandingan digelar nantinya, apakah tanpa penonton, 50 persen penonton, atau normal.

“Intinya kami dari pihak TNI-Polri siap mengamankan pelaksanaan PON,” tutupnya. (Ray)

RS Abe

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *