Aquatic Papua Bangkit Dinyatakan Lolos Sertifikasi Internasional

  • Whatsapp
Kunjungan Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) ke Aquatic Papua Bangkit yang akan digunakan pada PON XX Papua

JAYAPURA, FP.COM – Induk organisasi renang sedunia, Federation Internationale De Natanion (FINA) telah memverifikasi dan menetapkan standar internasional bagi venue aquatic yang akan digunakan dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021 mendatang.

Dalam penilaiannya, lewat virtual, pihak FINA melihat kualitas dari fasilitas sarana dan pra sarana yang berada di venue aquatic tersebut sudah sangat layak untuk menggelar event-event kejuaraan internasional.

Read More

iklan

Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) yang langsung meninjau langsung proses sertifikasi dan didampingi pengurus bidang arena PB PON Papua beserta Kementerian PUPR, PT. Waskita dan PT. Fluride sebagai operator pembangunan, menyambut baik atas penetapan standar internasional ini

“Ini merupakan salah satu hari bersejarah bagi Papua karena secara resmi kita sudah melakukan sertifikasi standar internasional arena aquatic di Papua,” ungkap Waketum I PB PRSI Sarman Simanjorang, Senin (27/7/2020).
Sarman yang mewakili federasi renang Indonesia berharap, dengan proses sertifikasi ini, ke depannya mampu melahirkan atlet-atlet Papua yang dapat membawa nama daerah mau pun negara di kancah kejuaraan internasional.

Tak hanya itu, PRSI juga akan mencoba menggelar event-event kejuaraan internasional di gelanggang kolam renang terbesar di Indonesia bagian timur ini.
“Selain dari itu semua, kami juga meminta agar semua fasilitas kolam renang yang telah dibangun ini dapat dijaga dan dirawat, karena ini merupakan salah satu dari tiga arena aquatic terbesar di Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Satker Pelaksanaan Pra Sarana Pemukiman Wilayah II Papua Kementerian PUPR, Anggoro Putra, turut berbahagia atas keputusan ini. Dirinya berkeinginan, arena bertaraf internasional ini dapat melahirkan rekor-rekor baru cabang renang.

“Sertifikasi ini penting, karena jika ada rekor-rekor dunia yang tercipta maka bisa langsung dicatatkan melalui FINA,” tandasnya.

Walaupun belum rampung 100 persen, venue renang yang berada di kompleks Stadion Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura ini diperkirakan sanggup menampung kurang lebih 1.500 penonton. Aquatic Papua Bangkit, nama resminya, memiliki tiga kolam, terdiri dari dua (2) kolam utama dan satu lagi untuk pemanasan atlet. (Ray)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *