Bank Indonesia Papua Serahkan Beasiswa kepada 200 Mahasiswa dari Empat Perguruan Tinggi

Foto bersama pimpinan Bank Indonesia Papua dan perwakilan mahasiswa penerima beasiswa

JAYAPURA, FP.COM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua menyelenggarakan acara Jumpa Perdana GenBI Papua sekaligus penyerahan beasiswa Bank Indonesia kepada 200 mahasiswa dari empat perguruan tinggi di Provinsi Papua pada 12 Mei 2023 di Aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua. Kegiatan dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Provinsi Papua, pimpinan universitas, dan para penerima beasiswa. Empat perguruan tinggi yang dimaksud adalah Universitas Cenderawasih, Universitas Ottow Geissler Papua, IAIN Fattahul Muluk Papua, dan Universitas Sains dan Teknologi Jayapura.

Beasiswa Bank Indonesia merupakan bagian dari program sosial Bank Indonesia di mana penerima beasiswa tidak hanya memperoleh dana untuk biaya pendidikan dan biaya hidup, tapi juga akan tergabung dalam komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) dan memperoleh berbagai program pengembangan hardskill dan softskill.

Read More
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua, Juli Budi Winantya

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua, Juli Budi Winantya dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini Indonesia, termasuk Papua, sedang mengalami bonus demografi di mana mayoritas jumlah penduduk didominasi oleh penduduk usia produktif. Kondisi ini harus dimanfaatkan dengan menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang tinggi, inklusif, dan berkelanjutan.

“Untuk menjawab tantangan tersebut, Bank Indonesia Papua hadir dan memberikan beasiswa setiap tahunnya kepada para mahasiswa sebagai wujud kontribusi dalam menciptakan SDM unggul,” beber Budi.

Di samping itu, menurut Budi, penerima beasiswa Bank Indonesia diharapkan mampu menjadi tiga (3) pilar GenBI, yaitu (1) frontliners atau garda terdepan dalam mengomunikasikan kebijakan Bank Indonesia kepada mahasiswa dan masyarakat umum, (2) change agents atau agen perubahan dengan cara menjadi role model atau teladan di kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat, dan (3) future leaders atau menjadi pemimpin masa depan di berbagai bidang dan tingkatan.
Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Suzana D. Wanggai, mengapresiasi Bank Indonesia yang tidak hanya berkontribusi dalam sektor perekonomian, tapi juga sektor pendidikan melalui program beasiswa.
“Hal ini turut mendukung kemajuan Provinsi Papua mengingat pendidikan merupakan aspek penting dalam mempersiapkan SDM yang unggul dan maju untuk terus berinovasi bagi kemajuan daerah,” sebut Suzana.

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Suzana D. Wanggai

Mewakili keempat perguruan tinggi, Pembantu Rektor III Universitas Cenderawasih, Dr. Jonathan Kiwasi Wororomi, mengapresiasi upaya dan dukungan yang diberikan Bank Indonesia dalam bentuk beasiswa. Jonathan mengingatkan seluruh mahasiswa untuk menggunakan bantuan beasiswa Bank Indonesia dalam rangka mendukung studi yang sedang ditempuh.

“Selain itu, mahasiswa juga harus memanfaatkan program pengembangan yang akan diberikan Bank Indonesia sehingga siap untuk menjadi pemimpin di masa depan,” kata Jonathan.

Dalam acara ini juga dilakukan kegiatan edukasi Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah, dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) kepada para mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia untuk mendukung perannya sebagai frontliners Bank Indonesia. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *