Bentuk Pokmaswas, Masyarakat Ikut Cegah Illegal Fishing

  • Whatsapp
Ilustrasi. Kapal nelayan
BNN

JAYAPURA, FP.COM – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua FX Mote meminta kabupaten dan kota membentuk Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) untuk ikut menjaga laut.

Kepada wartawan, Mote mengatakan, tugas dan peran Posmaswas sebagai bagian dari sistem pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan secara keseluruhan.

Read More



Baptis

“Posmaswas ini berperan memantau pelaksanaan peraturan perundang-undangan bidang kelautan dan perikanan,” jelasnya.

Lebih detail, ia menjelaskan, kelompok tersebut diharapkan mampu menjaga perairan pantai dan laut Papua sejauh dua mil dari darat, yang merupakan wilayah hukum adat. Dengan partisipasi ini, penangkapan ikan secara illegal dapat dicegah. Tugas lainnya, ikut menjaga laut tetap bersih, dan memastikan nelayan tak menggunakan bom ikan.

“Masyarakat yang akan dilibatkan melakukan pengawasan nantinya akan difasilitasi oleh pemerintah provinsi, kabupaten dan kota. Tak sampai di situ, DKP Papua bakal melibatkan pihak TNI/POlri untuk memaksimalkan pengamanan di laut,” terangnya.

Dukungan bagi Pokmaswas juga diharapkan dari unsur agama, adat, nelayan, petani maupun pengusaha di bidang perikanan. FPKontr3

KdanP

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *