Dampak Razia Rutin, Permintaaan SIM Meningkat

  • Whatsapp
Nampak masyarakat saat sedang mengantri untuk membuat SIM di Mapolres Jayapura Kota.

JAYAPURA, FP.COM– Pelayanan pembuatan surat ijin mengemudi (SIM) di Polres Jayapura Kota mengalami peningkatan hingga 110 persen per hari, selama razia rutin oleh satuan lalulintas sejak pertengahan Januari 2020 lalu.

Kasat Lantas Polres Jayapura Kota Ajun Komisaris Polri Junan Plitomo menerangkan, per hari pembuatan surat ijin mengemudi (SIM) khususnya kendaraan roda dua hanya 60 orang. Namun semenjak pelaksanaan razia kendaraan, permintaan cukup signifikan, per hari 110 permohonan pembuatan SIM.

Read More

iklan

iklan

“Kalau hari biasa, SIM dicetak hanya 50 bahkan mentok di angka 60, tapi saat razia kendara pembuat SIM membludak,” tuturnya.

Dengan peningkatan permintaan SIM yang cukup signifikan ini, Junan menyimpulkan bahwa kesadaran masyarakat sejauh ini masih minim akan petingnya surat ijin berkendara. Soalnya, saat razia barulah berbondong-bondong membuat SIM bahkan melengkapi surat berkendara.

 “Saya dapat simpulkan masyarakat malas tahu, karena setiap ada razia lalu berbondong untuk membuat SIM. Tapi hal itu tidak menjadi persoalan, intinya masyarakat mau membuat SIM dan perlahan dapat menaati aturan berlalulintas,” bebernya.

Junan pun menghimbau kepada masyarakat khususnya bagi pengendara baik kendaraan roda dua maupun roda empat untuk segera membuat surat ijin mengendara bagi yang belum memiliki, dengan mendatangi kantor pelayanan SIM di kantor kepolisian tanpa melalui calo.

“Buat SIM itu tidak mahal dan memakan waktu lama. Kalau dinyatakan lulus dalam proses tes yang diberikan maka SIM langsung dapat dicetak dengan membayar Rp 100 ribu,” tegasnya.

Ia kembali menjelaskan tujuan razia kendaraan sejak awal Januari lalu merupakan atensi pimpinan untuk meminimalisir angka kriminalitas pencurian kendaraan bermotor dan pelanggaran serta angka kecelakaan lalulintas di Kota Jayapura jelang perhelatan pekan olahraga nasional mendatang. (Dadang)

KONI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *