Festival Kopi Papua, Jembatan Antara Petani dan Pelaku Usaha Kopi

  • Whatsapp
Salah satu peserta Festival Kopi Papua (FKP) 2020 saat meracik kopi/Foto: Istimewa
PGBP

Pariwisata

JAYAPURA, FP.COM – Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua kembali menggelar Festival Kopi Papua (FKP). FKP tahun ini merupakan yang ketiga kalinya sejak dilaksanakan pada tahun 2018.

Berbeda dengan pelaksanaan tahun 2018 dan 2019 yang digelar secara offline, FKP tahun ini digelar secara virtual mulai 4-6 Desember 2020 lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Read More

KONI

FKP secara serentak dilaksanakan di 5 kota di Papua yaitu Jayapura, Merauke, Nabire, Biak dan Mimika.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga mengatakan FKP bertujuan menjembatani petani kopi Papua dengan pengusaha kopi seperti kedai ataupun pengeskpor kopi.

“Diharapkan petani menjual kopinya sekaligus mempermudah bagi pelaku usaha kopi untuk mendapatkan kopi Papua berkualitas tinggi dengan harga wajar,” ucap Naek.

Naek juga berharap kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi Papua kedepan khususnya bagi pelaku usaha kopi dan berharap kopi Papua semakin dikenal.

Naek menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua yang telah mendukung program yang dilakukan oleh Kantor Bank Indonesia Papua.

 “FKP ini jadi ajang memperkenalkan kopi Papua secara virtual sekaligus menciptakan budaya minum kopi yang kualitasnya sudah diakui,” tandasnya.

Penjabat Sekretaris Daerah Papua, Doren Wakerkwa menyampaikan bahwa pelaksanaan FKP diharapkan dapat memberikan manfaat yang baik bagi perkembangan perekonomian Papua kedepan khususnya bagi petani dan pelaku usaha kopi.

Doren menambahkan bahwa sejak tahun 2018 melalui Surat Edaran Gubernur Papua tentang Gerakan Keanekaragaman Konsumsi Bersumber dari Pangan Lokal, Pemerintah Papua fokus mendorong pengembangan komoditas unggulan lokal salah satunya kopi. (FPKontr1)

Kehutanan

GKI

Dinkes

Air

Covid

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *