Ikut Sukseskan PON, Kemenkopolhukam Sokong Akomodasi dan Transportasi

  • Whatsapp
Suasana rapat terbatas Kabinet Indonesia Maju yang dihadiri Gubernur Papua Lukas dan Enembe dan PB PON XX/Istimewa


JAYAPURA, FP.COM – Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam) Republik Indonesia berkomitmen mengambil bagian pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Demi kesuksesan event empat tahunan itu, kementerian  yang dipimpin Mohammad Mahfud MD ini   menginstruksikan lembaga setingkat kementerian membantu dalam hal akomodasi.

Read More

Hal ini diungkapkan Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda, di Jakarta, Selasa (16/3/2021). “Kita ada pertemuan dengan Menkopolhukam, di mana kami menyampaikan agar kementerian di bawahnya membantu menyediakan alat transportasi pesawat Hercules bagi atlet dan ofisial yang membawa alat kelengkapan,” ujar Wonda.

Selain transportasi, Kemenkopolhukam juga berperan dalam penyiapan tempat penginapan terapung bagi atlet dan ofisial bagi setiap kontingen, sesuai yang diminta PB PON. Penginapan terapung yang dimaksud adalah kapal yang disulap jadi hotel.

“Kami juga minta penambahan kapal untuk menjadi hotel terapung di Papua. Dan Kemenpolhukam menyatakan siap meneruskan kepada kementerian di bawahnya,” terang Wonda.

Menurutnya, dukungan ini merupakan tindak lanjut dari perintah Presiden Joko Widodo usai pertemuan di istana. “Dalam pertemuan di istana, Pak Jokowi minta PON dilaksanakan sesuai jadwal pada 2 s/d 15 Oktober, sehingga kementerian diminta memberikan perhatian ke Papua untuk penyelenggaraan dan kebutuhan anggaran,” ungkapnya.

Selain Kemenpolhukam, PB PON juga menyambangi PT. Freeport di Jakarta, membahas bantuan dalam bentuk sponsor dan lainnya. Sebelumnya, perusahaan tambang raksasa yang beroperasi di Mimika, Papua, ini telah menunjukkan dukungan lewat pembangunan venue di klaster Mimika.

“Mereka menyatakan siap membantu kami, apalagi Freeport juga bagian dari tuan rumah PON,” aku Wonda.

Mengingat waktu yang kian mepet, tersisa delapan bulan, Wonda meminta seluruh jajaran kepanitiaan lebih focus dan serius menunaikan tanggung jawab masing-masing.

Kepada masyarakat Papua, ia berharap, agar ikut mendukung dengan cara menjaga ketertiban dan keamanan.

“Pada kesempatan ini saya minta dukungan masyarakat untuk memastikan bahwa Papua tetap dalam keadaan aman dan kita semua rakyat menjamin PON akan sukses,” tutupnya. FPKontr3

RS Abe

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *