Internet Gratis Jadi Magnet Bagi Masyarakat Waris

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kominfo Keerom, Megiken Bangun, SE didampingi Ketua Komisi B DPRD Keerom Ahmad Mbara, Wakil Ketua 1 DPRD Keerom Syahabuddin, SP dan instansi terkait.

JAYAPURA, FP.COM – Pemerintah Daerah Keerom melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Keerom dan DPRD Keerom melakukan sosialisasi Proyek Strategis Nasional Palapa Ring Timur kepada masyarakat di Kampung Pund, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Jumat (13/3/2020).

Kepala Dinas Kominfo Keerom, Megiken Bangun, SE kepada wartawan saat ditemui, mengatakan, adanya Palapa Ring Timur yang dibangun ini,  cukup membantu masyarakat Waris mengakses internet, khususnya dalam memperoleh informasi.

Read More

iklan

iklan

“Selain Waris masih ada wilayah Base Transceiver System (BTS) lainnya di Kabupaten Keerom yang berstatus Blanc Spot (tempat kosong) dengan akses terbatas yaitu 2G, artinya yang bisa digunakan hanya telepon dan SMS,” kata Megiken.

Megiken berharap hadirnya palapa ring timur dengan lokasi network operation centre (NOC) di Waris ini, akses komunikasi masyarakat Waris lebih mudah, hingga tidak perlu turun lagi ke Arso. Karena komunikasi melalui internet lebih efisien dan sudah bisa digunakan secara gratis oleh masyarakat.

Di kesempatan yang sama, Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Keerom, Syahabuddin, SP juga menyampaikan, ini merupakan momen penting dan usaha dari pemerintah agar rakyat juga dapat merasakan pembangunan.

“Semoga dengan hadirnya internet ini, masyarakat dapat mengoperasikan dan belajar dari berbagai sektor informasi pertanian, perikanan agar mampu menciptakan kampung yang berkembang,” ungkapnya.

Sebagai wakil rakyat, ia akan terus mendorong pemerintah daerah dalam maksimalkan program prioritas pemerintah demi kemajuan pengembangan masyarakat Keerom.

Apresiasi juga datang dari Kepala Kampung Pund, Elias Amo. Menurutnya, dengan dibangunnya NOC entre yang berada tepat di wilayahya yaitu Kampung Pund, hal ini berdampak baik bagi masyarakat disini sejak palapa ring timur ini berdiri.

“Internet gratis yang dibangun oleh Dinas Kominfo Keerom ini menjadi daya tarik bagi kami masyarakat kampung. Terbukti pengguna layanan internet bukan hanya masyarakat yang berdomisili disini, namun ada juga masyarakat yang sementara melintas dan juga dari berbagai kalangan termasuk Aparat TNI-Polri yang bertugas di wilayah Waris pun menggunakannya palapa ring timur sebagai akses internet,” tuturnya.

Palapa Timur Telematika melalui Unit Reaksi Cepat Wilayah Jayapura-Waris, Kaleb Sirait, wewakili tim terja juga memiliki harapan yang sama. Dengan dibangunnya wifi outdor di Waris, semoga mampu dimaksimalkan masyarakat untuk dapat mengakses berbagai media bidang komunikasi dan informasi, sesuai kebutuhan. (Dadang)

KONI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *