Jabar Juara PON XX, Kang Emil: Kuncinya Pembinaan Usia Dini dan Sport Science

  • Whatsapp
Gubernur Jawa Barat memberi keterangan pers usai menemui atletnya di Jayapura

                    
JAYAPURA, FP.COM – Barangkali, tidak ada gubernur yang lebih bahagia sekarang ini dibanding Ridwan Kamil. Gubernur Jawa Barat yang biasa disapa Kang Emil itu sangat senang dengan keberhasilan kontingen Jawa Barat mempertahankan status juara umum di Pekan Olahraga Nasional XX ini.Jawa Barat mengoleksi 353 medali, terdiri dari 133 medali emas, 105 medali perak, dan 118 medali perunggu. DKI Jakarta menempati peringkat kedua dengan raihan total 305 medali.

Pada perhelatan sebelumnya, PON 19, di mana Jawa Barat sebagai tuan rumah, daerah ini juga tampil sebagai pemuncak klasemen akhir perolehan medali.

“Saya bahagia, kita menang tidak di tanah sendiri, 2016 kan (PON) di Jawa Barat. Sekarang kan di tanah orang, Tanah Papua,” ujar Kang Emil usai menemui para atletnya di Jayapura, Jumat (15/10/2021).

“Beli tomat ke Ujung Pandang, Jawa Barat bukan jago kandang,” katanya berpantun.

Mantan Wali Kota Bandung ini berbagi resep kesuksesan daerahnya menjadi juara umum. Katanya, Jabar menerapkan pembinaan atlet dari usia dini.

“Resep Jawa Barat itu hanya satu, pembinaan yang konsisten. Kita cari seperti pohon, kita cari bibit-bibit unggulnya dulu, kita cari di event olahraga karena Jawa Barat hobi bikin event olahraga, ada pekan olahraga daerah, provinsi, pelajar, dan pesantren,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan tentang sebuah konsep program sport science yang menurutnya juga turut andil dalam memberikan hasil positif bagi kontingen Jawa Barat di PON yang untuk pertama kalinya dihelat di Tanah Papua ini.

“Jadi sport science itu mengombinasikan ilmu-ilmu ketubuhan fisik dengan prestasi. Misalnya, dilatih dengan oksigen tipis, setelah itu dia (atlet) akan banyak sel darah merahnya, jadi pada saat bertanding dia jadi akan luar bisa,” ungkapnya.

Berkat hasil apik di PON XX Papua 2021 kali ini, Ridwan Kamil juga optimis kontingen Jawa Barat akan mempu mengulang hasil yang sama pada pelaksanaan PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara pada 2024 mendatang.

“Kami optimis nanti di PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara, insyaallah kita tetap akan mempertahankan gelar juara umum,” tutupnya. (Ray)

RS Abe

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *