Jadi Markas Baru, ini Statistik Persipura di Malang Sejak 2005

  • Whatsapp
Salah satu momen saat Persipura Jayapura menghadapi Arema di Stadion Kanjuruhan, Malang/Istimewa

JAYAPURA, FP.COM – Kota Malang akan jadi markas baru Persipura Jayapura mengarungi lanjutan Liga 1 musim 2020 yang digelar secara terpusat di Pulau Jawa akibat wabah virus Corona. Keputusan itu telah dikonfirmasi pihak Persipura melalui Ridwan Bento Madubun, asisten manajer klub.

“Kami (Persipura) baru saja mengikuti rapat bersama PT. LIB dan kontestan Liga 1 yang lain untuk membahas kelanjutan kompetisi, serta menyampaikan pilihan home base kami di Kota Malang,” tulis Bento dalam rilisnya, Jumat pekan lalu.

Read More

iklan

iklan

Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano bahkan memastikan, Boaz dan kawan-kawan mulai pekan depan sudah berada di Malang untuk menjalani pemusatan latihan serta mematangkan segala persiapan.

“Manajemen akan melakukan koordinasi lebih dulu bersama Jacksen Tiago selaku pelatih kepala guna mempersiapkan untuk memulai latihan bersama di Kota Batu, Malang, mulai pekan depan,” ujar BTM dalam keterangannya, Senin (10/8/2020).

Sejatinya, keputusan Persipura memilih malang sebagai home base tidaklah mengejutkan. Boaz dan kawan-kawan cukup akrab dengan kota di Jawa Timur tersebut. Terakhir, jawara empat kali Liga Indonesia ini melakukan training center (TC) di Kota Batu, Malang, dalam persiapan menghadapi kompetisi musim 2020, awal tahun ini. Dengan begitu, anak-anak Mutiara Hitam akan lebih cepat beraptasi dengan cuaca maupun lingkungan.

Meskipun begitu, hingga kini, belum ada kepastian, stadion mana yang akan digunakan Persipura menjamu lawan-lawannya. Ada dua stadion besar di kota Malang, Kanjuruhan dan Gajayana. Kontestan Liga 1 lainnya, Arema Malang bermarkas di Kanjuruhan, namun, klub ini kabarnya tidak keberatan berbagi tempat dengan klub lain yang memilih Malang sebagai home base. Sementara, Gajayana lebih identik dengan Persema Malang, tim sekota Arema.

Lepas dari itu, statistik Persipura saat bermain di kedua stadion itu tidaklah menggembirakan, meskipun tak bisa disebut buruk.

Dari 15 laga sejak tahun 2005 yang telah dilakoni Persipura baik saat bersua Persema Malang di Stadion Gajayana atau pun Arema Malang di Stadion Kanjuruhan, Persipura mengantongi 7 kali kemenangan, 1 kali hasil imbang, dan 7 kali kekalahan.

Berdasarkan catatan tersebut, 11 pertandingan di antaranya melawan Arema di Kanjuruhan dengan raihan 5 kali menang, 1 kali imbang, dan 5 kali tumbang. Sementara, 4 laga lainnya dilakoni Persipura kala melawat ke Gajayana melawan Persema dengan catatan 2 kali menang, dan 2 kali menelan hasil minor.

Selain itu, Persipura juga tergolong produktif untuk urusan menjebol gawang lawan dengan lesakan 20 gol. Sayangnya, gawang Persipura pun tak bersih dari kebobolan. Sudah 19 gol diderita Persipura dalam partai tandang di kota ini.

Walapun rekornya tidak mentereng, namun Persipura punya kenangan manis di Kota Malang, tepatnya pada musim 2008/2009, kala Boas dan kawan-kawan meluluhlantakkan laskar Singo Edan (Arema) dengan skor telak 5-0. (Ray)

KONI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *