KPID Papua Apresiasi Peran Lembaga Penyiaran dalam Pencegahan Covid-19

  • Whatsapp
Wakil Ketua KPID Papua Eveerth Z. Joumilena/Istimewa

JAYAPURA, FP.COM – Konsistensi lembaga penyiaran radio dan televisi, baik nasional mau pun lokal, yang dalam tiga bulan ini turut andil dalam memberikan informasi mengenai pencegahan dan penanggulangan wabah pandemi Covid-19 mendapat pujian dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Papua.

“Kami (KPID Papua) mengapresiasi peran lembaga penyiaran sebagaimana kewajiban dari sebuah media yang terus memberikan konten informasi dan edukatif agar masyarakat dapat selalu waspada terhadap bahaya virus Corona,” tulis Wakil Ketua KPID Papua Eveerth Z. Joumilena dalam rilisnya kepada media, Selasa (9/6).

Read More

iklan

iklan

Menurut pria yang juga mantan jurnalis ini, sebelumnya, KPID Papua telah menyurat kepada seluruh lembaga penyiaran agar mendukung  pemerintah, baik pusat mau pun daerah dalam mengedukasi masyarakat dengan informasi yang bertujuan memutus mata rantai penularan Covid-19.

Dari hasil monitoring, beberapa media penyiaran radio dan televisi di Papua, misalnya TVRI dan RRI telah memuat iklan layanan masyarakat terkait pencegahan Covid-19. Sementara, di lain pihak, KPID telah menerima laporan masyarakat yang merasa terbantu dengan konten iklan tersebut.

“Bahkan ada radio komunitas atau swasta saya dengar membuat spot iklan dan sangat mengedukasi, mengingatkan masyarakat untuk selalu cuci tangan, gunakan masker hingga menjaga kesehatan dan makan makanan bergizi, tentunya sangat membantu sekali,” lanjutnya.

Eveerth menekankan, tugas pihaknya untuk terus mengawasi setiap konten yang disiarkan kepada masyarakat. Ia berpesan agar lembaga penyiaran dapat memperbanyak konten edukasi dan konten lokal, tanpa mengurangi kandungan informasi yang ada.

“Angka kasus pasien positif di Papua terus bertambah. Jadi, saya berharap kepada seluruh media penyiaran agar selalu fokus kepada siaran yang mengedukasi tentang pentingnya social dan physical distancing serta protokol-protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” harapnya. (Ray)

KONI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *