Kurangi Tekanan Akibat Corona, Pegadaian Beri Kemudahan bagi Nasabah

  • Whatsapp
Transaksi di Pegadaian Abepura/Foto: Dok. Potret.co
FKUB Puasa

JAYAPURA, FP.COM – Untuk mengurangi tekanan akibat Corona, PT Pegadaian (Persero) melalui program Gadai Peduli memberikan kemudahan bagi nasabah di antaranya membebaskan bunga untuk pinjaman kurang dari Rp1 juta.

Pemimpin PT Pegadaian Cabang Abepura, Yohanes Narahawarin mengatakan, program tersebut berlaku bagi yang melakukan gadai periode 1 Mei hingga 30 Juni 2020.

Read More

RS Dok2

Misalnya gadai barang Rp500 ribu, pengembalian tetap senilai itu dengan jangka waktu 120 hari atau 4 bulan, jadi lama waktu pinjaman tetap tapi tanpa bunga,” kata Yohanes melalui telepon, Selasa (28/4/2020).

Selain pembebasan bunga pinjaman, pegadaian juga memberikan relaksasi bagi nasabah dengan mengurangi bunga pinjaman untuk Kredit Cepat dan Aman (KCA).

“Bagi nasabah yang masa gadai barang mencapai 106 hari, bisa mengajukan ke Pegadaian untuk diputar kembali dan diberikan bunga khusus hanya 1 persen untuk 15 hari dari sebelumnya 1,15 persen,” ucap Yohanes.

Ia menjelaskan bahwa bunga khusus tersebut diberikan kepada nasabah untuk memberi kesempatan bagi nasabah menebus barang yang digadai. Selain itu, Pegadaian juga memberikan kesempatan kepada nasabah agar terhindar dari lelang barang yang digadai adalah menambah jangka waktu pinjaman.

“Kita tambah 15 hari, jadi jatuh tempo selama 120 hari menjadi 135 hari, namun apabila telah mencapai 135 hari namun belum ditebus juga, maka barang tersebut masuk dalam daftar lelang,” terang Yohanes.

Sementara untuk nasabah mikro dengan pinjaman mulai Rp5 juta-400 juta yang terkena dampak pandemi Covid-19, kata Yohanes, diberikan relaksasi atau kelonggaran jangka waktu pinjaman.

“Kita lagi mendata nasabah mikro untuk diberi kelonggaran waktu pinjaman seperti memperpanjang waktu pinjaman atau tambah bulan, atau bayar bunga saja setiap bulan dengan menunda pokok, atau juga keduanya jalan bersamaan,” kata Yohanes. (FPKontr1)

FKUB

RS Abe

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *