Laga Perdana di Bawah Shin Tae-yong, Garuda Muda Catat Hasil Buruk

  • Whatsapp
Skuat Garuda Muda tak berdaya menghadapi Tim Nasional Bulgaria/pssi.org

JAYAPURA, FP.COM – Tim Nasional Indonesia yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U20 menderita kekalahan telak 0-3 dari Tim Nasional Bulgaria U20 dalam laga uji coba yang digelar di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Kroasia, tengah malam tadi waktu Indonesia.

Kekalahan ini sekaligus menandai debut buruk pelatih Shin Tae-yong bersama anak-anak Garuda. Sebelum laga, pelatih asal Korea Selatan ini memang mengingatkan kalau timnya tidak menargetkan kemenangan. Apalagi, kualitas para pemain Bulgaria jelas di atas level anak-anak Garuda.

Read More

iklan

iklan

“Untuk laga nanti mungkin dapat mengecewakan masyarakat Indonesia,” ujar Shin Tae-yong sebelum berangkat ke Kroasia.

Shin Tae-yong berdalih, sekarang ini ia lebih berfokus pada ketahanan daya fisik dan mental anak asuhnya, sehingga laga uji coba akan menjadi bahan evaluasi baginya.

Latihan keras yang ditekankan mantan pelatih tim nasional Korea Selatan itu tampak membuahkan hasil. Terbukti, stamina Rizky Ridho dan kawan-kawan tak terlihat kendor sepanjang laga melawan negara dari kawasan Balkan itu. Di babak pertama, pertahanan rapat yang digalang Ridho dan kawan-kawan cukup ampuh menghalangi para striker Bulgaria yang mengeksplorasi kedua sisi pertahanan dalam upaya menyarangkan gol. Mereka bahkan tak segan memeragakan permainan keras yang memicu protes pelatih Bulgaria, Angel Stoykov. Alhasil, gawang Muhammad Adi Satryo bersih dari kebobolan.

Situasi sama tetap berjalan di awal hingga pertengahan babak kedua, sebelum Shin Tae-yong memasukkan pemain bertipikal menyerang, Supriyadi. Dengan begitu, para penyerang timnas Indonesia bisa mendekati kotak penalti lawan, hal yang nyaris tak terlihat di babak pertama.

Sayangnya, keputusan itu punya konsekuesi. Sektor pertahanan yang tadinya rapat menjadi terbuka. Malapetaka itu dibuka oleh Martin Petkov. Striker jangkung Bulgaria itu membuka keunggulan menit 78 lewat skema tendangan bebas, di mana ia meneruskan sepakan Dimitar Soyanov dengan sundulan ke pojok gawang yang tak mampu dijangkau kiper Adi Satryo.

Gol tersebut memukul mental anak-anak Garuda, konsentrasi di lini belakang buyar. Hasilnya, enam menit kemudian Stanislav Shovov mencetak gol indah dari luar kotak penalti. Belum puas, Bulgaria lewat Petkov kembali membobol gawang Adi Satryo lewat penetrasinya ke dalam kotak penalti. Gol penutup di pertandingan itu.

Sekalipun menelan pil pahit, Shin Tae-yong justru memuji Witan Sulaeman dan kawan-kawan yang sudah memperlihatkan kerja keras sesuai arahannya.

“Kami tidak masalah meski kalah. Yang jelas, tim masih berproses karena materi latihan dengan intensitas tinggi, dan pemain sudah menunjukkan kerja kerasnya di laga tadi,” kata Shin Tae-yong, dilansir dari laman resmi PSSI.

Selanjutnya, tim nasional Indonesia masih akan menjalani serangkaian uji coba melawan Kroasia, Arab Saudi, Qatar, Bosnia & Herzegovina dan klub Dinamo Zagreb. JP

 

KONI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *