Listrik Gratis dari PLN untuk 2.635 Rumah Warga di NTT, Papua dan Papua Barat

  • Whatsapp
Penyambungan listrik gratis untuk warga di Papua/Foto: Istimewa

JAYAPURA, FP.COM – Penyaluran donasi dari gelaran PLN Virtual Charity Run and Ride (VCRR) 2020 terus berlanjut. Kali ini, PLN kembali menyambung listrik bagi 2.635 Keluarga Pra Sejahtera secara gratis senilai Rp1,9 miliar yang tersebar di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua dan Papua Barat.

Sebelum di NTT, Papua dan Papua Barat, penyambungan juga telah dilakukan di Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Banten dan Jawa Tengah. Total hingga, akhir November, PLN telah melakukan penyambungan listrik gratis untuk 6.017 rumah. Jumlah ini akan terus bertambah seiring perolehan PLN Virtual Charity Run di kota lain.

Read More

iklan

PLN VCRR 2020 secara nasional berhasil mengumpulkan donasi sebesar 6,16 miliar rupiah untuk biaya penyambungan listrik 8.417 keluarga Pra Sejahtera. Nilai tersebut merupakan hasil konversi dari 164 ribu kilometer yang telah ditempuh para peserta.

“Gerak bersama ini menjadi energi optimisme bagi PLN untuk terus menerangi nusantara. Peserta sudah menyelesaikan larinya, kini kami terus lakukan penyambungan listrik demi menghadirkan terang untuk saudara-saudara kita,” kata Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi, Kamis (7/1/2021).

Merupakan rangkaian dari peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-75, PLN VCRR 2020 adalah ajang donasi melalui olahraga (berlari dan bersepeda) yang telah diselenggarakan pada 16 Oktober hingga 1 November 2020 lalu. Diselenggarakan secara virtual, ajang tersebut dapat diikuti dimana saja di seluruh nusantara.

Setiap kilometer dalam berlari dikonversikan ke dalam rupiah yaitu sebesar Rp 40.000,- dan sepeda sebesar Rp 35.000. Nominal tersebut digunakan untuk biaya penyambungan rumah masyarakat Pra Sejahtera yang tersebar di seluruh Indonesia dengan daya 450 VA.

Pemilihan penerima bantuan dilakukan langsung oleh PLN dengan memastikan penerima bantuan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial Republik Indonesia.

“Mudah-mudahan dengan hadirnya listrik ini dapat meningkatkan kehidupan, memperbaiki mutu pendidikan dan membuat semuanya menjadi lebih baik,” ucap General Manager PLN UIW Papua dan Papua Barat, Abdul Farid.

Bupati Sumba Barat Daya, Kornelius Kodimete menyampaikan apresiasinya kepada PLN yang telah melakukan penyambungan listrik bagi warganya.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Sumba Barat Daya, saya mengucapkan terima kasih kepada PLN dimana rakyat kami mendapatkan bantuan listrik gratis dan mudah-mudahan setiap rumah tangga yang mendapatkan bantuan ini disana akan hadir cahaya dan akan hadir juga semangat untuk keluar dari kemiskinan, dapat terus belajar, kerja dan kebahagiaan,” ucap Kornelius, Kamis (7/1/2021).

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Jayawijaya, Papua, Tinggal Wisono berharap bantuan penyambungan listrik ini dapat membantu masyarakat melaksanakan aktivitasnya sehari-hari. Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga infrastruktur kelistrikan yang sudah dibangun oleh PLN.

Paulina Patikaka, salah satu penerima bantuan listrik gratis dari PLN mengungkapkan rasa bahagia lantaran sebelumnya berada di kegelapan.

“Sekarang sudah dapat penerangan. Kami sekarang dapatkan penambahan ekonomi karena bisa menenun sampai malam hari dengan adanya penerangan ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN, peserta PLN VCRR dan pemerintah yang telah memberikan listrik gratis,” ucap Paulina di NTT.

Rasa syukur juga datang dari Mayu Tabuni, warga Kampung Algonik, Kabupaten Jayawijaya, Papua. “Terima kasih kepada peserta PLN VCRR dan PLN Peduli. Dulu (rumah) gelap, sekarang PLN datang lampu sudah terang. Anak-anak jadi bisa membaca,” ucap Mayu. (FPKontr1)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *