Menang Lawan Persik Kediri, Performa Persipura Dinilai Belum Memuaskan

  • Whatsapp
Pemain Persipura Jayapura saat mendengarkan instruksi staf pelatih. Raymond Latumahina

JAYAPURA, FP.COM – Persipura Jayapura berhasil mempecundangi Persik Kediri dengan skor 1-2 dalam laga uji coba yang digelar di Stadion Brawijaya, Kediri, Sabtu (5/6/2021).

Kapten Persipura Boaz Solossa menjadi pahlawan dengan dua gol yang ia cetak di babak kedua.

Read More

iklan

iklan

Tuan rumah Persik sempat unggul di paruh pertama melalui sepakan Andri Ibo yang memanfaatkan bola rebound dari tendangan penaltinya yang sempat ditepis kiper Persipura, Gerri Mandagi.

Babak kedua, anak-anak Persipura mulai memanfaatkan kelengahan Persik yang di sisi lain sedang kehilangan irama permainannya. Umpan-umpan pendek antarlini menjadi senjata Persipura untuk menembus ketatnya pertahanan Persik.

Boaz Solossa sukses memecah kebuntuan Persipura melalui hasil tendangan bebas yang dieksekusinya.Papan skor menjadi 1-1.

Hanya selang delapan menit, miskomunikasi yang terjadi di lini pertahanan Persik diganjar hukuman gol kedua dari Boaz Solossa. Skor 1-2 pun bertahan hingga laga usai.

Meski meraih hasil positif, nyatanya, pelatih Persipura Jacksen F. Tiago menanggap hasil ini belum cukup memuaskan sebagai bekal ke Piala AFC.

“Puas tidak juga karena ini bukan level AFC. Level AFC jauh lebih tinggi dari ini. Kelihatan tim kita masih belum siap untuk ke level berikutnya. Mungkin untuk ukuran level Indonesia itu cukup,” ujar pelatih asal Brasil ini kepada awak media seusai laga.

“Tapi kalau AFC kita harus tingkatkan permainan kita, agresifitas kita, organisasi kita, dari pemahaman taktikal kita harus jauh lebih baik. Karena tingkat AFC itu lebih tinggi daripada level yang kita bermain di Indonesia,” imbuhnya.

Sekalipun begitu, Jacksen mengaku banyak mendapat catatan yang akan menjadi bahan evaluasinya untuk membenahi kekurangan pada timnya.

“Paling penting dari aspek taktikal, ya, mereka memberi sebuah formasi yang sekarang ini menjadi trend yang selama beberapa kali uji coba kita tidak menemukan lawan dengan komposisi seperti Persik Kediri.”

Juru taktik yang berhasil mengantarkan Persipura ke fase semifinal Piala AFC 2014 ini juga berterima kasih kepada Persik Kediri yang telah sudi menjajal kekuatan Persipura dan memberi banyak pelajaran-pelajaran baru.

“Yang jelas kali ini kita bisa banyak berterima kasih kepada Persik Kediri karena mereka bisa memberikan sebuah perlawanan yang baik sekali, gamenya sangat sengit sekali. Mereka berjuang dari awal sampai akhir,” pungkasnya.

Setelah menjajal Persik, Boaz Solossa akan bertolak ke Jakarta untuk melanjutkan pemusatan latihan jelang laga fase grup Piala AFC 2021.
Persipura masih akan menjalani dua laga uji coba menghadapi Persita Tangerang (13 Juni) dan Persib Bandung (19 Juni). (Ray)

KONI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *