Menteri Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Papua Beli Produk Kreatif Lokal

  • Whatsapp
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno/Foto: Syahriah

JAYAPURA, FP.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Papua, Selasa (21/9/2021).

Sebelum menyerahkan Anugerah 50 Desa Wisata Indonesia di Kampung Yoboi, Distrik Sentani, dan membuka eksebisi Cabor Esport PON XX di Indoor Hockey Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Papua, Sandiaga Uno terlebih dahulu meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan Astra Motor Papua bekerjasama dengan Lantamal X Jayapura.

Read More

iklan

iklan

Saat meninjau serbuan vaksin, Sandiaga mengajak masyarakat untuk membeli produk kreatif lokal Papua.

“Yang terpenting adalah souvenir atau oleh – oleh yang dibeli adalah produk kreatif lokal, sebab hal itu akan menggerakkan ekonomi rakyat,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengaku terkesan dengan keindahan Papua, terlebih telah dibangunnya venue PON XX.

“Saya sangat terkesan dengan Papua, tadi saya melihat stadion yang begitu indah. Ini membuktikan bahwa jika kita menyelenggarakan suatu event seperti olahraga, maka akan menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas – luasnya bagi masyarakat asli Papua,” kata Sandiaga.

Dia juga menilai momen Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2021 dapat memberdayakan ekonomi dan wisata.

“Ini momentum bagi Papua dan Indonesia untuk mendorong pertumbuhan wisata olahraga. Pemerataan pembangunan di Papua, serta titik balik kebangkitan pariwisata dan juga ekonomi kreatif di Papua,” ujar Sandiaga Uno.

Pada event PON ini, lanjutnya, sebanyak 25 ribu tas Noken produk kreatif griya Papua sudah disiapkan untuk menjadi merchandise bagi kontingen PON, baik itu atlet dan ofisial, serta ratusan pekerja ekonomi kreatif di bidang event. Hal ini dapat mendongkrak produk kreatif asal Bumi Cenderawasih.

Sandiaga mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo sudah memberikan izin agar perhelatan PON XX Papua dapat dihadiri penonton maksimal 25 persen. Tentunya, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan juga sudah di vaksinasi Covid-19 lengkap.

Untuk itu, Sandiaga juga memastikan PON XX Papua bisa disaksikan penonton. Namun, maksimal jumlah penonton hanya 25 persen dari kapasitas venue dan harus sudah divaksin sebanyak dua kali.

“Pada acara yang luar biasa ini, bapak Presiden RI baru saja memberikan izin agar pelaksanaan PON XX Papua digelar dengan kehadiran penonton, Alhamdulillah. Namun dibatasi dengan pembatasan 25 persen dan vaksin dosis lengkap menjadi syarat utama,” kata Dewan Pembina PBESI tersebut.

Sandiaga pun mengajak semua bersatu sukseskan PON Papua yang akan diselenggarakan di empat klaster yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

“Kami harapkan opening dan closing ceremoni PON XX berlangsung lancar,” ucapnya.

Dia juga berharap dalam ajang PON XX ini para atlet dapat mempersiapkan diri ikut turnamen internasional untuk mewakili Indonesia.

“Saya sangat optimis ajang ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, sehingga dapat memberikan manfaat bagi semua pihak dalam memajukan Indonesia,” katanya. (FPKontr1)

KONI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *