Papua Jajaki Ekspor Beras Merauke ke Kawasan Asia Pasifik

  • Whatsapp
Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua Muhammad Musa’ad
PGBP

Pariwisata

JAYAPURA, FP.COM – Pemerintah Provinsi Papua akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Perdagangan untuk membuka ruang ekspor beras Merauke ke kawasan Asia Pasifik.

“Kita juga menjajaki untuk adanya perdagangan internasional, orientasi kita tidak hanya antar daerah di Papua atau Indonesia tapi juga ke kawasan Asia Pasifik, untuk itu kita akan melakukan komunikasi dengan kementerian perdagangan,” kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua Muhammad Musa’ad di Jayapura.

Read More

KONI

Namun demikian, kualitas beras Merauke harus diperbaiki agar berkualitas eksport atau premium. “Perbaiki manajamen pergudangan, kalau masih kurang kita akan bangun gudang baru sehingga bisa menampung beras petani,” terangnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultira Provinsi Papua Semuel Siriwa mensuport rencana pemerintah pusat mengeksport beras Merauke.

“Untuk eksport beras, pemerintah pusat hendaknya mendukung pengembangan lahan, pupuk dan irigasi pertanian di Merauke sehingga produksi Merauke lebih maksimal,” tandasnya.

Selain itu, diperlukan regulasi untuk mengatur proses ekspor dari Merauke ke negara-negara di pasifik. Sebab, Kabupaten Merauke tidak mempunyai pelabuhan ekspor.

“Dengan adanya ekspor tersebut akan meningkatkan perekonomian petani di Kabupaten Merauke, sebab harga jual beras ke pasifik cukup mahal,” ucapnya. (Toding)

Kehutanan

GKI

Dinkes

Air

Covid

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *