Papua Rengkuh Penghargaan TPID Terbaik 2020

  • Whatsapp
Penjabat Sekda Papua Doren Wakerkwa saat menerima piagam penghargaan TPID terbaik 2020 untuk Provinsi Papua dari Kementerian Keuangan
FKUB Puasa

JAYAPURA, FP.COM – Pemerintah Provinsi Papua meraih penghargaan sebagai provinsi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik tahun 2020 untuk kawasan se-Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Selain itu, Pemerintah Provinsi Papua juga mendapat piagam penghargaan dari Kementerian Keuangan atas keberhasilan berhasil meraih opini  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) enam kali berturut-turut dari BPK RI.

Penghargaan serupa dari Kementerian keuangan juga diperoleh oleh Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Asmat, Jayawijaya, Merauke, Mimika dan Kepulauan Yapen atas prestasi lima kali WTP beruntun.

Read More

Mudik

“Diharapkan dengan adanya pemberian penghargaan ini dapat meningkatkan sinergi antara Kementerian Keuangan dengan Pemda dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan negara di Provinsi Papua, dengan harapan dapat dapat meningkatkan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Papua,” ujar Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua Syaiful kepada wartawan, Selasa (27/10/2020).

Hasil pemeriksaan BPK RI atas LKPD tahun 2019 di Papua cukup menggembirakan, di mana dari 29 kota, 17 di antaranya memperoleh opini WTP, yang jika dipersentase, kurang lebih 60 persen.

Angka ini jauh lebih baik dari tahun 2018, di mana hanya ada 11 pemda yang memperoleh WTP, termasuk provinsi, atau sekira 36,7 persen.

“Ada peningkatan kualitas yang signifikan sebesar 23,3 persen,” jelas Syaiful.

“Kementerian Keuangan akan menyiapkan tenaga keuangan untuk mendampingi dan membantu kepala daerah dalam mengelolah keuangan termasuk semua hal terkait dengan tata kelola yang baik,” tambahnya.

Penjabat Sekda Papua Doren Wakerwa ikut mengapresiasi penghargaan bagi provinsi dan sejumlah kabupaten dan kota tersebut.

“Kami berterima kasih kepada Kementerian Keuangan atas penghargaan ini,” ucapnya.

Ia berharap, ke depan kerja sama terus ditingkatkan untuk mencapai pengelolaan keuangan yang lebih baik lagi, sebab saat ini Pemprov Papua dalam penyusunan telah menggunakan sistem akrual dalam penyusunan APBD.

“Kerja sama ini kita tingkatkan kedepan, sehingga ada sinergi dan kami harap dukungan semua pihak agar lebih baik lagi,” tandas Doren. FPKontr3

 

FKUB

RS Abe

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *