Persipura Tidak Lolos Lisensi Klub Profesional AFC. Apa Alasannya?

  • Whatsapp
Stadion Mandala, markas Persipura Jayapura/Istimewa

JAYAPURA, FP.COM – Tahun ini, ada sembilan klub Indonesia yang berhasil mengantongi lisensi sebagai klub profesional Asian Football Confederation (AFC). Mereka adalah Bali United, Arema FC, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, PSM Makassar, Bhayangkara FC, Borneo FC, dan Madura United FC.

Read More

Lalu, di mana sang raksasa, Persipura Jayapura? Rupanya, klub kebanggaan masyarakat Papua ini dinyatakan tidak lolos lisensi oleh AFC. Ironisnya, tahun lalu, Persipura masuk dalam jajaran klub yang memiliki lisensi sebagai klub professional.

Faktor utama, menurut Sekretaris Umum Persipura Rocky Bebena, yang menjadi pengganjal adalah lampu di Stadion Mandala.

“Sebenarnya kita (Persipura) sudah masuk, tapi kita yang kurang itu di lampu stadion. Kita diminta ukur ulang pencahayaannya,” kata Rocky Bebena baru-baru ini.

Ia mengaku sudah berkomunikasi dengan pihak perusahaan lampu untuk menyelesaikan masalah ini. Sayangnya, proses tersebut terbentur dengan mepetnya tenggat waktu yang diberikan oleh AFC.

“Saat proses itu dilakukan ke Philips, deadline waktunya sudah lewat. Jadi, proses licensing itu hanya terkendala di aspek infrastruktur, yaitu pencahayaan lampu.”

“Aspek itu harus ada sertifikat dari merk. Stadion Mandala itu kan Philips yang punya. Kalau aspek lain tidak ada masalah,” imbuh Rocky.

Lisensi klub profesional AFC ini sangat penting bagi klub-klub sepak bola sebagai syarat mutlak untuk mengikuti kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh AFC, seperti Liga Champions Asia dan Piala AFC. (Ray)

RS Abe

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *