Puji Papua, ini Pesan Menteri Muhadjir Soal Covid-19

  • Whatsapp
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy/Istimewa

JAYAPURA, FP.COM – Baiknya penanganan Covid-19 di Papua diyakini Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy akan berdampak pada pemulihan ekonomi.

“Saya yakin, jika angka kematian akibat Covid-19 dapat ditekan serendah mungkin, dapat mendongkrak perekonomian di Papua kembali berjalan normal dan terbuka,” ungkapnya dalam sambutan pada rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 Pemerintah Provinsi Papua, yang dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, yang diikuti secara virtual oleh para kepala daerah se-Papua, Selasa (7/7/2020

Read More

iklan

iklan

Ia menyebut, prestasi menekan angka kematian ini bukan kebetulan, tetapi berkat keras dan kecermatan pimpinan daerah dan kekompakan Forkopimda (forum komunikasi pimpinan daerah).

Namun demikian, Muhadjir mengingatkan, jangan terlalu percaya diri dengan kondisi di Papua yang ada saat ini. Harus tetap menjaga diri, karena Covid-19 ini termasuk virus cerdas, sulit dikendalikan dan daya tularnya sangat mendadak dan cepat.

“Untuk sekarang ini bagaimana menekan angka kematian serendah mungkin, semakin rendah kematian semakin baik. Yang penting, saya ingatkan, kita jangan meremehkan Covid-19,” terangnya.

“Kita harus hati-hati, pesan saya kepada seluruh jajaran baik di provinsi maupun kabupaten dan kota, setiap ada kasus segera diadakan tracing, susuri betul, setelah itu dikelompokan siapa yang ODP (orang dalam pemantauan), PDP (pasien dalam pengawasan), dan yang sudah terjangkit segera diisolasi baik di rumah sakit maupun di rumah,” harapnya.

Dirinya menilai, fasilitas kesehatan di Papua sudah cukup baik, namun jika memang masih ada kebutuhan untuk melengkapi berbagai fasilitas, hal tersebut dapat dikoordinasikan dengan Kementerian Kesehatan.

“Siapkanlah semaksimal mungkin, siapkan amunisi sebanyak-banyaknya. Karena kalau salah tafsir terhadap Covid-19 ini, kita bisa kewalahan,” ucapnya.

Masih menurut Muhadjir, keberhasilan Papua dalam penanganan Covid-19 sangat membantu pemerintah pusat, di mana, pusat bisa mengalihkan konsentrasi ke wilayah zona merah lain. FPKontr3

KONI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *