Telkomsel Luncurkan Fitur Baru Ruang Belajar Online di Aplikasi SIMAS 2.0

  • Whatsapp
Peluncuran fitur Ruang Belajar Online lewat video conference

JAYAPURA, FP.COM – Telkomsel meluncurkan fitur baru pada aplikasi SIMAS 2.0, yaitu Ruang Belajar Online. Fitur ini merupakan salah satu solusi dalam keberlanjutan proses belajar mengajar.

Di Jayapura, peluncuran fitur baru ini dilakukan lewat video conference menggunakan aplikasi CloudX dari Telkomsel yang diikuti oleh Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait beserta para kepala sekolah tingkat SMA & SMK se-Provinsi, Rabu (1/4/2020).

Read More

iklan

iklan

Keunikan aplikasi ini, durasi video conference tidak terbatas, selain itu juga dapat digunakan berbagi file presentasi.

General Manager Consumer Sales Region Maluku Papua Alfon Oktrianda menjelaskan, kehadiran fitur baru ini selaras dengan himbauan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk mengutamakan berinteraksi secara online dan membatasi interaksi fisik secara langsung. Dengan fitur ini, antara guru dengan muridnya dapat melangsungkan kegiatan belajar mengajar secara online.

“Fitur Ruang Belajar Online menghubungkan guru dan murid melalui Live Session Teaching, di mana guru tetap dapat membawakan materi pelajaran via streaming dan murid-murid yang tergabung tetap dapat menerima materi yang dibawakan,” ujar Alfon.

Dalam konsep ini, setiap guru akan mempunyai “Ruangan Sendiri” dalam bentuk virtual conference streaming. Sehingga murid-murid akan tetap bisa bergabung sesuai dengan jadwalnya di dalam aplikasi SIMAS 2.0 tersebut,” lanjut Alfon.

Selain itu, ada fitur baru yang memfasilitasi pembelian pulsa atau paket data bagi murid yang menggunakan aplikasi SIMAS 2.0 ini. Nantinya, pembelian pulsa akan di-follow up oleh PIC agen Telkomsel yang ditugaskan untuk melayani sekolah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan, dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait mengapresiasi langkah Telkomsel di dunia pendidikan. 

“Dengan adanya aplikasi SIMAS 2.0 ini, orang tua, siswa, dan murid dapat berkomunikasi lebih mudah, dan proses belajar mengajar bisa dilakukan secara online. Saya juga berharap, jaringan Telkomsel dapat ditingkatkan lebih baik lagi, bukan saja di kota besar tetapi juga di daerah pedalaman. Sehingga semuanya bisa menikmati aplikasi pembelajaran online ini,” kata Christian.

Christian Sohilait saat mengikuti peluncuran fitur Ruang Belajar Online melalui video conference di Jayapura

Aplikasi SIMAS 2.0 sendiri merupakan bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) dari Telkomsel yang ditujukan di dunia pendidikan, terutama di wilayah Regional Maluku dan Papua. Aplikasi SIMAS 2.0 ini adalah bukti nyata penerapan ekosistem digital oleh Telkomsel yang terus mengembangkan aplikasi berbasis digital yang mengikuti perkembangan zaman.

Bagi sekolah-sekolah di Regional Maluku Papua yang belum terdaftar di aplikasi SIMAS 2.0 ini dan ingin mengetahui lebih lanjut, bisa mengirim pesan melalui Instagram di akun-akun berikut ini. Untuk wilayah Jayapura di akun @telkomselpapua, wilayah Ambon di akun @telkomsel_amboina, wilayah Timika di akun @looptimika, dan wilayah Sorong di akun @telkomselpapuabarat.

Sementara, untuk membantu siswa terus belajar dengan efektif dan murah dari rumah, Telkomsel menyediakan dua pilihan paket data yang bisa dimanfaatkan untuk bebas akses ke berbagai aplikasi pembelajaran daring (e-learning), yakni “Bebas Akses Ruangguru 30GB” dan “Bebas Akses Ilmupedia 30GB”. 

Kedua pilihan paket ini berlaku untuk pemakaian selama 30 hari untuk akses aplikasi Ruangguru dan aplikasi-aplikasi yang tergabung dalam paket Ilmupedia, yakni Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso, dan Sekolahmu.

Tak hanya itu, Telkomsel juga bekerja sama dengan Perguruan Tinggi serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) untuk memberikan keleluasaan bagi mahasiswa dalam melakukan proses belajar mandiri dari rumah, dengan menghadirkan Paket Bebas Akses Ilmupedia hingga 30GB bagi mahasiswa pada 130 perguruan tinggi di Indonesia. 

Paket ini memberikan keleluasaan bagi para mahasiswa untuk mengakses situs e-learning masing-masing kampus dan situs Spada Indonesia milik Kemendikbud RI selama 30 hari tanpa biaya, dan merupakan pengembangan dari paket ilmupedia yang sebelumnya telah bisa digunakan untuk mengakses platform e-learning Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso dan Sekolahmu. FPKontr1

KONI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *