Tiga Kabupaten ini Raih WTP untuk Pertama Kali

  • Whatsapp
Penyerahan laporan hasil pemeriksaan BPK RI kepada salah satu pemerintah daerah kabupaten
FKUB Puasa

JAYAPURA, FP.COM – Kabupaten Puncak Jaya, Supiori dan Paniai dan berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019. Bagi ketiga daerah ini, opini WTP merupakan kali pertama diperoleh sepanjang sejarah berdirinya sebagai wilayah administrasi. Satu lagi kabupaten yang mendapat penilaian serupa yakni Mimika.

“Opini WTP ini  adalah kali pertama yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, Supiori dan Paniai, sementara Mimika Opini WTP yang kelima kali,” Kepala Perwakilan BPK Provinsi Papua Paula Henry Simatupang pada penyerahan laporan hasil pemeriksaan BPK RI kepada DPRD dan pemerintah keempat daerah tersebut, Senin (24/8/2020).

Read More

Mudik

Kata Simatupang, pencapaian opini WTP ini menunjukkan komitmen para bupati serta jajaran OPD terhadap peningkatan kualitas laporan keuangan yang dihasilkan.

“Tentunya, hal itu juga tidak terlepas dari sinergi efektif terhadap seluruh pemangku kepentingan serta dukungan dari DPRD dalam melaksanakan fungsi pengawasannya,” terangnya.

Meskipun begitu, hasil ini tak serta merta bersih dari cacat. Paula menyatakan, dari hasil pemeriksaan masih ditemukan beberapa permasalahan antara lain menyangkut penatausahaan aset tetap yang belum tertib, pengelolaan dana BOS (bantuan operasional sekolah), dana kapitasi dan pengelolaan persediaan tertib serta kesalahan penganggaran.

“Namun kami juga telah memberikan rekomendasi perbaikan untuk ditindaklanjuti oleh para bupati sebagaimana dimuat dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LPKD tahun anggaran 2019,” lanjutnya.

Ia berharap, seluruh pemerintah daerah melakukan langkah-langkah perbaikan yang perlu untuk mengeliminasi kelemahan-kelemahan yang ada, sehingga penyajian laporang keuangan di masa mendatang semakin baik. FPKontr3

 

FKUB

RS Abe

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *