Tingkatkan Infrastruktur Kelistrikan, PLN UIP MPA Laksanakan Sosialisasi Pembangunan Transmisi di Manokwari

dok PLN UIP MPA

MANOKWARI, FP.COM – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Maluku dan Papua (PLN UIP MPA) melalui Unit Pelaksana Proyek (UPP) Papua Barat menggelar sosialisasi Kompensasi ROW (jalur kabel) pada proyek Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV PLTMG Manokwari – Gardu Induk (GI) Manokwari. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada minggu lalu yang yang digelar selama dua hari yakni Kamis (16/05) dan Jumat (17/05).

Sosialisasi ini merupakan langkah penting dalam rangkaian proses pembangunan proyek kelistrikan, sebagai upaya PLN untuk meningkatkan infrastruktur kelistrikan di wilayah Manokwari. Selain itu, bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait manfaat dan proses pembangunan yang akan dilakukan.

Read More

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Daerah Manokwari yang diwakili oleh Asisten I Sekertaris Daerah Manokwari, Wanto menyampaikan penjelasannya bahwa pemerintah daerah akan mendukung penuh pada proyek strategis nasional ini.

“Kami mengajak seluruh masyarakat, terlebih dari masyarakat pemilik hak ulayat, untuk juga memberikan dukungan penuh, mari kita bergandengan tangan pemilik tanaman dan bangunan serta masyarakat pemilik tanah agar dapat secara bersama-sama menyukseskan proyek strategis nasional ini demi kemajuan Kabupaten Manokwari,” ucap Wanto.

Sementara itu, Manager UPP Papua Barat, Abas Joni Wibowo menjelaskan bahwa pekerjaan ini bukan hanya meningkatkan rasio elektrifikasi di lingkup kecamatan dan desa, namun juga peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. Rencananya, PLN akan membangun sebanyak 38 tower yang tersebar di dua kecamatan, yakni Manokwari Selatan dan Manokwari Barat.

“Kami berterimakasih karena telah diberikan kesempatan untuk menggelar sosialisasi kali ini. Pekerjaan tower jalur kabel ini bertujuan untuk menyalurkan listrik yang disalurkan dari PLTMG ke GI yang ada di daerah Amban. Kami sampaikan juga bahwasannya transmisi ini bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang terdiri dari 38 tower dan ada 2 sirkit perkiraan panjang 13,5 meter total panjangnya,” papar Abas.

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan keandalan suplai listrik di wilayah tersebut serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. General Manager PLN UIP MPA, Wisnu Kuntjoro Adi, menyampaikan bahwa proyek ini akan melibatkan enam kampung atau kelurahan di Kecamatan Manokwari Selatan dan empat kampung atau kelurahan di Kecamatan Manokwari Barat. Wisnu menekankan pentingnya partisipasi aktif dari masyarakat dalam mendukung kelancaran pembangunan infrastruktur ini.

“Dengan adanya proyek SUTT 150 kV ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan listrik yang semakin meningkat dan mempercepat pembangunan di wilayah Manokwari,” ujar Wisnu Kuntjoro Adi.

Selain itu, PLN UIP MPA juga mengedepankan pendekatan yang transparan dan partisipatif dalam setiap tahapan proyek, termasuk dalam hal pembebasan lahan dan kompensasi bagi warga yang terdampak. Dengan demikian, diharapkan proses pembangunan dapat berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti.

Dengan komitmen PLN UIP MPA untuk terus meningkatkan kualitas dan keandalan jaringan listrik, proyek SUTT 150 kV ini menjadi salah satu upaya strategis untuk memastikan pasokan listrik yang stabil dan handal di Manokwari dan sekitarnya. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *