Balitbangda Akan Bertransformasi Menjadi BRIDA Papua Barat

  • Whatsapp
Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut,M.Si

MANOKWARI,FP-  Badan Peneltian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat akan bertransformasi menjadi Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Papua Barat. Hal ini dikatakan Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat, Prof. Dr. Charlie D. Heatubun, S.Hut,M.Si di Manokwari, Senin(18/10/2021).

Dijelaskan, secara nasional ada perubahan regulasi  terkait sistem ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Badan Penelitian dan Pengembangan di tingkat kementerian  secara organisasi akan hilang dan semua akan menjadi tugas dan tanggungjawab  Badan Riset dan Inovasi Nasional. Di dalam matrikulasi tersebut juga terkait dengan peraturan pemerintah dan peraturan kepala BRIN juga diwajibkan untuk masing-masing daerah di Provinsi untuk membentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA).

Read More

BRIDA akan dibentuk oleh transformasi organisasi perangkat daerah (OPD) yang sudah melaksanakan penelitian dan pengembangan atau yang belum ada akan dilaksanakan oleh OPD yang melaksanakan tugas tersebut. Misalnya ada beberapa provinsi atau  kabupaten kota yang bidang penelitiannya ada di Bappeda maka akan dibentuk dari Bappeda, begitupun dengan Bappeda Litbang akan dibentuk di Bappeda dan secara khusus oleh Papua Barat. Balitbangda Papua Barat akan bertransformasi menjadi Brida.

Draft regulasi tentang BRIDA Papua Barat sedang disusun bersama  Biro Hukum  Setda Papua Barat, dan saat ini dalam proses fungsionalisasi dan argumentasi. Diharapkan dapat dituntaskan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, sehingga tahun depan tidak menggunakan nama Balitbangda lagi melainkan BRIDA Papua Barat.*)

RS Abe

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *