BMKG Imbau Maskapai Penerbangan Waspada Cuaca Ekstrim

  • Whatsapp
Logo BMKG/Foto: bmkg.go.ig

JAYAPURA, FP.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura mengimbau kepada maskapai penerbangan agar mewaspadai cuaca ekstrim.

“Maskapai penerbangan diimbau waspada dan berhati-hati dengan cuaca ekstrim beberapa hari ini. Belokan angin yang terjadi di wilayah Papua bagian tengah sangat berbahaya bagi penerbangan. Karenanya maskapai penerbangan diminta selalu berkoordinasi dengan BMKG seputar perubahan cuaca,” ucap Prakirawan Cuaca BMKG Wilayah V Jayapura, Finnyalia Napitupulu, Rabu (3/2/2021).

Read More

iklan

iklan

Menurutnya, banyak belokan angin dari Teluk Cenderawasih hingga pegunungan tengah sehingga berpeluang besar hujan terjadi di pegunungan tengah. Dari pergerakan awan banyak gangguan pola angin di Papua khususnya wilayah tengah.

“Wilayah tengah ini banyak belokan angin. Hal ini yang mungkin perlu dihindari, makanya pegunungan tengah Papua di dasaran 1 Februari curah hujan meningkat,” jelasnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan curah hujan analisis yang terakhir, Papua masih dalam kriteria menengah yang sangat tinggi, yang mana sifat hujan pada umumnya berada pada curah hujan normal.

“Banyaknya wilayah angin, dapat memicu awan-awan hujan sehingga merata di wilayah pegunungan dan selatan Papua,” kata Finnyalia. (FPKontr1)

KONI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *