BNN Papua Tunjuk Kelurahan Hamadi Pilot Project Kampung Bersih Narkoba

  • Whatsapp
Kampanye Pagelaran Seni yang digelar BNN Provinsi Papua untuk memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021/Istimewa

JAYAPURA, FP.COM– BNN Provinsi Papua menggelar Kampanye Pagelaran Seni di objek wisata Kampung Nelayan, Kelurahan Hamadi, Kota Jayapura, Jumat (25/06/2021). Kegiatan ini merupakan peringatan Hari Anti-Narkotika Internasional (HANI) 2021 yang jatuh pada tanggal 26 Juni.

Melalui pagelaran seni itu, BNN Provinsi Papua memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat terhadap program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika atau biasa disingkat P4GN.

Read More

Kepala BNN Provinsi Papua, Robinson D. P. Siregar dalam sambutan acara tersebut menyampaikan, Hari Anti-Narkotika Internasional ini merupakan wujud keprihatinan dunia dalam upaya memerangi dan memberantas peredaran narkotika.

“Peringatan HANI yang jatuh pada tanggal 26 Juni setiap tahunnya adalah wujud keprihatinan dunia dalam upaya memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika,” ujarnya melalui keterangan pers.

Oleh sebab itu, ia meminta seluruh masyarakat untuk berperan aktif mewujudkan cita-cita itu agar tidak semakin menggerus serta merusak generasi-genarasi penerus bangsa, maupun generasi Papua itu sendiri khususnya.

“Untuk itu dibutuhkan gerakan yang masif serta kepedulian dari segala unsur masyarakat sehingga tidak merusak generasi bangsa khususnya generasi Papua,” pintanya.

Selain menggelar Kampanye Pagelaran Seni, BNN Provinsi Papua juga menunjuk Keluharan Hamadi sebagai pilot project program nasional Kampung Bersih Narkoba atau Kampung Bersinar.

Program nasional hasil sinergitas antara BNN dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigasi ini merupakan jawab atas keresahan terhadap maraknya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang telah masuk ke kampung-kampung.

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mani, yang turut menghadiri kegiatan Kampanye Pagelaran Seni tersebut mengatakan, perang besar terhadap narkoba menuntut segala komponen lapisan masyarakat untuk aktif melawan kejahatan-kejahatan narkoba.

“Saya menghimbau kepada kita semua untuk bersinergi mendukung upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Tanah Papua,” harap Wali Kota yang biasa disapa BTM ini.

Pemerintah Kota Jayapura sendiri juga telah mengeluarkan Surat Keputusan Tim Terpadu P4GN agar selalu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan upaya PG4N tersebut.

Selain itu, Pemkot Jayapura telah menunjuk lokasi kampung dan kelurahan yang akan ditetapkan dalam program Kampung Bersinar 2021-2025. Seperti Kelurahan Hamadi, Kelurahan Imbi, Kampung Tobati, Kampung Waena, dan Kampung Holtekamp.

“Saya minta seluruh kampung dan kelurahan memprogramkan program Kampung atau Kelurahan Bersinar dengan dukungan Anggaran yang ada di masing-masing kampung atau kelurahan,” sambungnya.

Dalam kesempatan ini juga, BNN Provinsi Papua memberikan penghargaan kepada Wali Kota Jayapura, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB Kota Jayapura, Yayasan Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat (YP2M), dan Kepala Kampung Holtekamp atas keaktifkan dalam berperan membantu pemerintah memberantas narkoba melalui program P4GN. (Ray)

RS Abe

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *