BPJS Kesehatan Evaluasi Yankes di Pegunungan Bintang

  • Whatsapp
Djamal Adriansyah saat berkunjung ke salah satu FKTP di Pegunungan Bintang/Foto: Istimewa

JAYAPURA, FP.COM – Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan secara rutin menggelar kegiatan WTA (Walk through audit) di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

WTA merupakan suatu alat bantu untuk melakukan evaluasi terhadap pelayanan kesehatan (Yankes), fasilitas kesehatan dalam meningkatkan indeks kepuasan peserta.

Read More

Pelaksanaan WTA dilakukan di seluruh fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dan lanjutan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah turun langsung ke lapangan, sebagai upaya memastikan pemenuhan kewajiban FKTP terhadap ketentuan JKN-KIS.

Melalui WTA, peserta terlibat secara langsung dalam fungsi pengawasan pemenuhan kewajiban Fasilitas Kesehatan, dan hasil WTA akan menjadi salah satu bahan evaluasi terhadap layanan Fasilitas Kesehatan.

Djamal menjelaskan target indeks pelaksanaan WTA yakni 85 persen, dimana komponen didalamnya adalah kepuasan peserta terhadap FKTP.

“Kepuasan peserta terhadap pelayanan di FKTP perlu menjadi prioritas, dalam hal ini karena FKTP merupakan akses pertama bagi peserta dalam memanfaatkan produk JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan”ujar Djamal, Senin (31/8/2020).

Pelaksanaan WTA yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan diberi nama  KESSAN (Kesan Pesan Setelah Layanan), sejak tahun 2018 telah dikembangkan melalui aplikasi, yaitu Aplikasi mobile JKN yang disebut dengan KESSAN yang dapat diakses oleh peserta.

Setelah peserta berkunjung ke FKTP tempat peserta terdaftar, maka bagi peserta yang telah meng-install aplikasi Mobile JKN, secara otomatis akan muncul notifikasi pengisian Kesan Pesan setelah Layanan di FKTP.

“Melalui KESSAN, WTA diharapkan peserta mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan diharapkan hasil WTA benar-benar merepresentasikan keadaan FKTP sebenarnya,” harap Djamal.

Adapun formulir cetak tetap disediakan bagi Peserta JKN-KIS yang tidak menggunakan smartphone.

Kepala Puskesmas Serambakon Kabupaten Pegunungan Bintang, Silvester Sasaka sangat mengapresiasi atas kunjungan langsung dari kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura serta jajarannya untuk memastikan langsung KESSAN dari peserta yang berkunjung  ke FKTP.

“Semoga apa yang menjadi KESSAN dari peserta yang berkunjung menjadi bahan evaluasi buat kami di Puskesmas ini sehingga kedepannya semakin baik,” tandasnya. (FPKontr1)

RS Abe

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *