Dana Otsus Tahap Pertama Cair Bulan Ini

  • Whatsapp
Kepala Bappeda Papua Yohanis Walilo
BNN

JAYAPURA, FP.COM–Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua Yohanis Walilo mengatakan pencairan tahap pertama (30 persen) dana otonomi khusus (otsus) 2020 untuk Papua kemungkinan cair di bulan ini (Maret).

“Dalam rapat terbatas Presiden dengan kementerian terkait, pencairan dana otsus dipercepat terutama dalam penanganan PON XX 2020 Papua, mudah-mudahan instruksi Presiden ini bisa lebih cepat,” kata Walilo.

Read More



Baptis

Masih kata Walilo, Presiden juga meminta dana otsus dicairkan dalam tiga (3) tahap, di mana tahap kedua pada Juni dan ketiga di Agustus atau September nanti.

“Dengan cairnya dana otsus, dana untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) dapat dialokasikan,” ujarnya.

Alokasi dana otsus untuk PON sebesar Rp2 miliar sesuai yang disampaikan Gubernur Papua Lukas Enembe, sebelumnya. Selain itu, ada tambahan yang bersumber dari dana insfrastruktur untuk pembangunan venue termasuk pengadaan peralatan cabang olahraga.

Anggaran tersebut akan dimasukkan dalam pembahasan APBD Perubahan 2020. Gubernur Enembe meminta agar dana untuk PON tersebut nantinya digunakan secara rasional.

“Kegiatan di PB PON ini harus dirasionalkan dan jangan semaunya diajukan oleh bidang-bidang karena kebutuhan dana dari awal kita sudah tahu (hanya) empat triliun rupiah tapi kita mau cover dua miliar rupiah dari APBD perubahan 2020,” sebut Enembe. Demi mendukung pembiayaan PON, gubernur berharap APBD Perubahan 2020 dipercepat antara Maret dan April. FPKontr3

KdanP

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *