Festival Film Papua IV: Bergerak Bersama Merawat Tanah Papua

  • Whatsapp

JAYAPURA, FP.COM – Sebuah ajang perfileman bernama Festival Film Papua (FFP) yang digagas oleh anak-anak muda Papua sejak tahun 2017. Mereka tergabung dalam Perkumpulan Papuan Voices sejak tahun 2017. Komunitas ini dimaksudkan sebagai ruang eskpresi bagi generasi muda Papua menggunakan film dokumenter untuk terus menceritakan kisah-kisah menarik tentang masyarakat adat Papua terkait dengan kehidupan, baik akses terhadap sumber daya alam, wilayah adat, budaya dan situasi yang dialami dari masa ke masa.

Pada tahun 2021 ini, Papuan Voices kembali menggelar FFP IV. Tema FFP IV ‘Bergerak Bersama Merawat Tanah Papua’.
“Melalui tema ini hendak merefleksikan bahwa pada saat ini, hutan, sumber daya alam dan manusia Papua dalam situasi yang perlu mendapatkan perhatian dari semua pihak,” tulis ketua panitia FFP 202, Roberto Yekwan, dalam keterangan persnya, Senin (31/5/21).

Read More

iklan

Masih ditulis Roberto, ‘Bergerak Bersama Merawat Tanah Papua’, juga dalam upaya mengajak semua lapisan masyarakat Papua secara umum dan Masyarakat Adat Papua secara khusus untuk memberikan perhatian secara bersama tentang situasi dan kondisi di Tanah Papua.

Festival Film Papua Ke-IV yang awalnya direncanakan dilaksanakan di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, namun tertunda dan di tahun 2021 dilaksanakan di Kota Jayapura. Salah satu pertimbangan utama penundaan dan pemindahan event ini adalah situasi pandemi covid19.

Pelaksanaan FFP Ke-IV akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2021 yang diawali perayaan spirit atau semangat Mambesak. Dan akan diisi dengan rangkaian kegiatan yang dilakukan di berbagai wilayah Papuan Voices hingga puncak acara pada tanggal 09 Agustus 2021, Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia.

Adapun rangkaian kegiatan FFP IV yakni Kitorang Belajar Bersama (Workshop), Kompetisi Film Dokumenter serta Kitorang Nonton dan Berdiskusi. Dalam situasi pandemi COVID19 maka panitia pelaksanaan FFP IV berkomitmen menerapkan protokol kesehatan, membatasi jumlah pengunjung dan menggunakan media daring untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

“Kami sangat berharap dukungan dan doa dari semua pihak, agar pelaksanaan FFP IV dapat berjalan dengan sukses dan aman,” tambah Roberto. (*)

  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *