Lima Pulau di Perairan Utara Papua yang akan Dikunjungi Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024

dok BI Papua

JAYAPURA, FP.COM – Bank Indonesia (BI) bersama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) kembali menggelar Ekpedisi Rupiah Berdaulat (ERB) di Papua yang akan dilaksanakan pada tanggal 13-19 Mei 2024.

ERB tahun 2024 merupakan program rutin dari Bank Indonesia sesuai amanat UU No.7 tahun 2011 tentang Mata Uang untuk melakukan pengelolaan uang Rupiah.

Read More

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Papua Faturachman dalam rilisnya yang diterima Redaksi Fokus Papua, Rabu (8/5) mengatakan, ERB kali ini akan menggunakan Kapal Perang KRI Mata Bongsang – 873. Nantinya, tim ERB Papua akan menyambangi dan melakukan kegiatan kas keliling di 5 wilayah Provinsi Papua yang termasuk dalam kawasan 3T (terdepan, terluar, terpencil).

“Pulau Pai, Pulau Owi, Pulau Yapen, Pulau Numfor, dan Pulau Bras. Pulau tersebut berada di perairan utara Pulau Papua. Upacara pelepasan ERB direncanakan pada tanggal 13 Mei 2024 di Satrol Lantamal X Jayapura. Komandan Lantamal X Jayapura, Pj. Gubernur Provinsi Papua, serta perwakilan dari Mabes AL dan Bank Indonesia Kantor Pusat akan hadir dalam seremoni pelepasan untuk pelayaran selama 1 pekan,” tulis Faturachman.

Selain kegiatan kas keliling, rangkaian kegiatan ERB Papua tahun 2024 juga turut mencakup kegiatan edukasi Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah dan penyaluran Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada masyarakat dan sekolah di pulau-pulau tersebut.

“Sebagai wujud dedikasi Bank Indonesia untuk negeri, PSBI akan diberikan dalam bentuk sembako dan peralatan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar seperti tas, alat tulis, laptop/komputer, printer, dan proyektor dengan total senilai kurang lebih Rp500 juta.”

Sebelum kegiatan ERB Papua tahun 2024 ini, minggu lalu Bank Indonesia Papua telah melaksanakan kas keliling luar kota sebanyak 3 kali untuk menyerap Uang Tidak Layak Edar (UTLE) di masyarakat dan perbankan. Kegiatan kas keliling di Kabupaten Mappi telah terlaksana pada tanggal 22-25 April 2024. Sementara itu, kegiatan kas keliling di Kabupaten Asmat telah terlaksana pada tanggal 29 April – 2 Mei 2024 dan Kabupaten Memberamo Raya pada tanggal 6-9 Mei 2024. (Redaksi)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *