Musrenbang Distrik Abepura Bahas 360 Program

  • Whatsapp
Foto bersama pada kegiatan Musrenbang Tingkat Distrik Abepura, Kota Jayapura

JAYAPURA, FP.COM-Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Distrik Abepura digelar Senin, 2 Maret 2020 bertempat di aula kantor Distrik Abepura. Kegiatan dibuka Kepala Bappeda Kota Jayapura Rory C Huwae mewakili Walikota Jayapura. Hadir pula Wakil Ketua I DPRD Kota Jayapura Jhon Betaubun, Danramil Abepura yang diwakili Babinsa Abepura, Kapolsek Abepura, sejumlah anggota DPRD Kota Jayapura  daerah pemilihan III Abepura, Ketua PKK Distrik Abepura, tim asistensi Bappeda Kota Jayapura, perwakilan  pimpinan OPD Kota Jayapura, kepala-kepala kelurahan se Distrik Abepura, kepala-kepala puskesmas, kepala-kepala sekolah se-Abepura, perwakilan tokoh perempuan, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda.

“Patokan pelaksanaan Musrenbang  sesuai UU Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, yang  mana  musrenbang ini dilaksanakan  secara berjenjang, dari kelurahan, distrik, kota, provinsi sampai tingkat nasional,” ujar Rory C. Huwae dalam sambutannya.

Read More

iklan

iklan

Dalam arahannya, Rory menyebut, semua yang tidak terakomodir di tingkat kelurahan, itu yang dibahas di musrenbang distrik.

“Tetapi semuanya harus sesuai dengan pagu anggaran yang tersedia di distrik, untuk itu pentingnya program prioritas yang sesuai dengan visi misi pemerintah Kota Jayapura.”

Ia juga menghimbau para kepala kelurahan agar memperhatikan pemanfaatan dana dan sesuai peruntukannya.

Kepala Distrik Abepura Dionisius Deda mengungkapkan, beberapa skala prioritas Distrik Abepura di tingkat RT/RW seperti masalah kebersihan, pendataan warga, keamanan dan ketertiban. Di tingkat kelurahan, ia menargetkan setiap kelurahan punya produk unggulan. “Satu kelurahan satu produk, di mana tahun ini, lewat dana pemberdayaan distrik, kami bagi ke tiga (3) kelurahan yakni Awiyo sebesar Rp50 juta, Vim (Rp50 juta), dan Kota Baru (Rp200 juta) untuk pembangunan galery,” jelas Kadistrik.

Dalam musrenbang ini, sejumlah kegiatan yang dibahas seperti bidang sarana prasarana 137 kegiatan, sosial budaya (85), ekonomi produktif (95), pemerintahan (43). “Totalnya 360  kegiatan,” ujar Dionisius

Di bidang pemerintahan, Dionisius mendorong realisasi pembangunan kantor Kelurahan Waim Horock dan Yobee.

Bidang ekonomi, Distrik Abepura menyiapkan koperasi di Vim untuk dikelola kelurahan dan menampung produk-produk dari program pemberdayaan sebelum disalurkan pasar.

Infrastruktur berupa saluran pembuangan air untuk penanggulangan banjir di Organda juga menjadi prioritas, tapi dengan mempertimbangkan banyak faktor. “Infrastruktur untuk penyelesaian banjir Organda harus dipikirkan secara keseluruhan, karena sangat berdampak pada wilayah lain seperti Waim Horock,” tambahnya.

Wakil Ketua I DPRD Kota Jayapura Jhon Betaubun menyatakan siap mengawal dan mendukung semua aspirasi masyarakat Distrik Abepura. Betaubun mendorong semua pihak  bahu-membahu mendukung setiap kebijakan, baik tingkat RT/RW, kelurahan, distrik dan pemerintah Kota Jayapura. (Merrit)

KONI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *