Pemprov Papua Salurkan 1,2 Ton Sembako bagi Korban Embun Beku Kuyawage

  • Whatsapp
Sekda Provinsi Papua Ridwan Rumasukun (kiri) menyerahkan bantuan uang tunai yang diterima oleh Pejabat Bupati Lanny Jaya Petrus Wakerkwa (06/08/2022)

TIOM, FP.COM – Pemerintah Provinsi Papua menyalurkan bantuan 1,2 ton sembako bagi korban bencana alam embun beku di Distrik Kuyawage, Kabupaten Lanny Jaya, Sabtu (6/8/2022).

Penyerahan secara simbolis oleh Sekda Papua Muhammad Ridwan Rumasukun kepada Penjabat Bupati Lanny Jaya, Petrus Wakerkwa, di Halaman kantor Bupati setempat. Turut menyaksikan Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Papua Doren Wakerkwa serta Kepala Bappeda Provinsi Papua Johanis Walilo.

Read More

“Kemarin, setelah Bapak Mendagri sampaikan ke kami bahwa kehadiran pemerintah (sangat diperlukan) di tempat kejadian bencana (embun beku), maka kita hari ini berkoordinasi, lalu hadir (memberikan bantuan sekaligus) melihat secara dekat apa saja yang harus dilakukan kedepan,” terang Sekda Ridwan, di sela-sela penyerahan bantuan tersebut.

Sementara, sembako yang diserahkan berupa beras, mie instan, minyak goreng, gula pasir, kopi serta garam. Bantuan 1,2 ton dari Gubernur Papua tersebut seluruhnya dipastikan telah tiba di Lanny Jaya, yang nantinya segera diteruskan ke warga terdampak bencana alam di Kuyawage, Senin (8/8/2022).

Selain menyerahkan sembako, Pemprov Papua lewat Sekda Ridwan Rumasukun menyerahkan uang tunai Rp200 juta untuk penanganan bencana embun beku. Pemprov Papua juga sebelumnya telah mengirim tenaga medis lewat Dinas Kesehatan setempat, berikut makanan siap saji.

“Intinya, kami di provinsi akan terus membangun koordinasi dengan Bupati Lanny Jaya dan jajaran. Bahkan apa saja yang dibutuhkan kita siap suport (mendukung) karena kejadian kemanusiaan ini adalah tugas kita semua,” tandasnya.

Penjabat Bupati Lanny Jaya Petrus Wakerkwa, mengapresiasi perhatian Pemprov Papua. Ia pun menegaskan bahwa penyerahan bantuan itu menjadi bukti besarnya perhatian Pemerintah Provinsi Papua terhadap masalah kemanusiaan di Kuyawage.

“Intinya bantuan kepada warga terdampak bencana ini berlangsung terus dari Pemda Lanny Jaya, Pemprov Papua bahkan dari Kemensos. Artinya ini mengklarifikasi isu dari kelompok yang menyebut pemda tidak peduli. Itu tidak benar dan buktinya sekarang Pemda Papua ada di sini memberi bantuan. Setelahnya akan langsung kami antarkan,” ujarnya.

Sementara, selain bantuan dari Pemprov Papua, pada hari ini (Sabtu, red), Pemda Lanny Jaya ketambahan pasokan beras 2,8 ton, makanan siap saji 2.000 paket dan pakaian dewasa 500 paket dari Kementerian Sosial RI.

Ahli Muda Direktorat Bencana Sosial dan Alam Kemensos RI, Hosea, kepada wartawan, memastikan bantuan akan langsung disalurkan ke titik terdampak, paling lambat pada Senin pekan depan.

“Kami lihat distribusi (bantuan bagi warga terdampak bencana embun beku) lancar serta cukup. (Selain dari provinsi dan kabupaten setempat) perhatian dari pusat sangat besar untuk bencana alam Kuyawage.”

“Bahkan, sebelumnya, dari Kemensos sudah melakukan distribusi bantuan pada awal Agustus kemarin sebanyak 2,8 ton beras, kemudian 500 paket sembako dan 500 paket pakaian,” pungkasnya. (FPKontr3)



iklan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.