Politisi Golkar Kris Uropmabin Dilantik sebagai Wakil Bupati Pegunungan Bintang

Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo, melantik Kris Bakweng Uropmabin, sebagai Wakil Bupati Pegubin Pengganti Antar Waktu (PAW)

WAMENA, FP.COM – Sekian lama lowong, posisi wakil bupati Kabupaten Pegunungan Bintang akhirnya terisi. Posisi orang nomor dua itu kini ditempati Kris Bakweng Uropmabin setelah dilantik oleh Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo di Wamena, Rabu (8/02/23).

Kris berstatus sebagai Wakil Bupati Pegunungan Bintang Pengganti Antar Waktu (PAW). Menurut Nikolaus, Kris Uropmabin dilantik berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 100: 1.3/13/2023 tanggal 9 Januari 2023 tentang pengesahan pengangkatan Wakil Bupati Pegunungan Bintang untuk sisa masa jabatan hasil pemilihan kepala daerah 2020-2025.

Read More

Nikolaus berharap, Kris Uropmabin nantinya bisa membantu bupati dan Forkopimda Pegubin untuk menjalankan roda pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan.

Sebelumnya, Kris Uropmabin terpilih dalam Sidang Paripurna Pemilihan Wakil Bupati oleh para anggota DPRD pada 8 November 2022 lalu untuk menggantikan Almarhum Piter Kalakmabin yang meninggal dunia karena sakit pada Kamis, 28 Oktober 2021.

Kris yang merupakan Ketua Fraksi Gabungan Golkar, Hanura, dan PAN DPRD Pegubin mengalahkan kandidat lainnya, Terianus Keduman, dengan perolehan suara 18 dari 21 anggota legislatif yang hadir.
Salah satu pihak yang berbahasia dengan pelantikan ini tentu saja Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana. Spei merasa senang karena kini menemukan tandem baru dalam menjalankan roda pemerintahan daerah.


“Ini termasuk proses pergantian kepala daerah tercepat di Tanah Papua. Kita bisa lihat beberapa kabupaten lain, ada yang sampai tiga tahun, bahkan ada yang terpaksa dibatalkan karena telah lewat dari batas enam bulan sebelum masa jabatan berakhir. Puji Tuhan semua niat baik dan perjuangan kita bisa terjawab hanya dalam satu tahun saja,” kata Spei usai pelantikan.

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua Pegunungan ini menyatakan, Kabupaten Pegunungan Bintang yang sangat luas dengan 34 distrik dan kondisi geografis yang sulit membutuhkan sosok pemimpin muda dan energik.

“Wabup ini anak muda dan sudah jadi anggota DPRD Pegunungan Bintang. Jadi saya kira dia bisa topang saya melaksanakan roda pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan,” tambahnya. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *