Primex Express Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Kantor Primex Express Jayapura/Foto: Istimewa
FKUB Puasa

JAYAPURA, FP.COM – Wabah coronavirus disease-19 atau Covid-19 yang mulai masuk ke Indonesia termasuk ke Papua pada Maret 2020 memberi dampak luar biasa di semua sektor tak terkecuali perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang.

Salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang merasakan dampak pandemi  yakni Prima Angkasa Nusantara Express atau Primex Express.

Read More

RS Dok2

General Manager Primex Express Jayapura, Irwan Ramli mengatakan, sejak awal kemunculan Covid-19 di Papua, pendapatan perusahaan menurun hingga 75 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019.

“Awal tahun 2020 yaitu Januari sampai Maret 2020 pendapatan masih normal karena pengiriman barang dari dan keluar Jayapura maupun Papua masih berjalan seperti biasa, tetapi masuk pandemi mulai anjlok,” ungkap Irwan, Kamis (25/2/2021).

Secara triwulan yakni triwulan kedua dibandingkan triwulan pertama tahun 2020, kata Irwan, turun hingga 30 persen. Menurutnya pengiriman barang tetap ada selama pembatasan aktivitas masyarakat kala itu, tetapi tidak lancar lantaran hanya menggunakan satu pesawat cargo yang melayani seluruh perusahaan ekpedisi.

“Dampak lainnya dari pembatasan aktivitas adalah perusahaan yang bekerjasama dengan kami tidak melakukan pengiriman barang karena rata – rata bekerja dari rumah. Jadi tahun 2020 pendapatan hanya 25 persen,” ucap Irwan.

Agar tetap bertahan di tengah pandemi, sejak November 2020 telah membuka layanan Jasa Titip atau Jastip.

Primex Express memiliki 2 kantor di luar Papua beralamat di Jalan Prof.dr.HAMKA Nomor 13 Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Banten dan Jalan Perum Juanda Regency Blok Bb Nomor 27 Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Primex Express Jayapura beralamat di Jalan Raya Abepura, Entrop, Kota Jayapura, Papua.

Layanan Jastip Primex Express via laut dengan harga masing – masing Rp15.000 per kilogram dari Surabaya ke Jayapura dan Rp17.500 perkilogram dari Jakarta ke Jayapura menggunakan kapal penumpang milik PT Pelni.

Untuk via udara dari Jakarta ke Jayapura customer cukup membayar Rp76.000 per kilogram untuk paket berat kurang dari 10 kilogram, dan Rp85.000 perkilogram untuk berat paket lebih dari 10 kilogram.

Sementara, dari Surabaya ke Jayapura via udara harga RpRp75.000 perkilogram untuk paket kurang dari 10 kilogram dan Rp84.000 per kilogram paket berat lebih dari 10 kilogram dengan estimasi barang sampai via udara 2-4 hari.

 Selain ke Jayapura, Jastip Primex Express juga melayani pengiriman barang via udara dari Jakarta ke Manokwari, Sorong, Serui, Merauke, Timika dan Nabire dengan harga bervariasi, dan dari Surabaya via udara ke Biak, Manokwari, Sorong, Serui, Merauke, Wamena, Timika dan Nabire. Primex Express Jayapura juga membuka layanan antarjemput. (FPKontr1)

FKUB

RS Abe

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *