Puluhan Nelayan OAP di Distrik Jayapura Utara Terima Bantuan dari Pemerintah Kota

Kadis Perikanan Kota Jayapura saat memberikan Bantuan kepada 50 Nelayan OAP di distrik Jayapura Utara

JAYAPURA,FP.COM – Kepala Dinas Perikanan kota Jayapura, Matheys Sibi, mengatakan Kota Jayapura secara geografis memiliki potensi perikanan tangkap yang sangat besar. Hal ini dikatakannya di depan puluhan nelayan orang asli Papua (OAP) penerima bantuan di Distrik Jayapura Utara.

“Kota Jayapura yang berbatasan langsung dengan samudera Pasifik di sebelah utara memiliki potensi perikanan tangkap ikan-ikan pelagis besar, pelagis kecil dan ikan-ikan demersal. Sehingga potensi inilah (perikanan tangkap-red) yang bisa dimanfaatkan sebagai penyuplai terbesar pemenuhan kebutuhan ikan, mulai dari masyarakat Kota Jayapura sendiri, kabupaten tetangga, bahkan hingga ke kabupaten di pedalaman,” katanya.

Read More

Menurut Sibi, nelayan di Kota Jayapura perlu dibekali dengan sarana penangkapan ikan yang baik.

“Seperti alat penangkapan ramah lingkungan, sarana keselamatan dalam berlayar dan sarana penyimpanan yang baik sehingga hasil tangkapan akan sangat berkualitas dan bernilai ekonomis yang tinggi,” bebernya.

Dia menyebut, nelayan perlu memahami 3P yakni pemberdayaan, peluang bisnis dan peningkatan pendapatan.

Bantuan yang diberikan kepada para nelayan OAP menurut Kadis Perikanan adalah bentuk perhatian dan upaya Pemkot Jayapura meningkatkan keterampilan dan kemampuan dalam memanfaatkan potensi sumberdaya ikan yang ada melalui program, kegiatan, dan pendampingan.

“Kita harus jeli melihat berbagai peluang, salah satunya peluang bisnis di mana nelayan tidak hanya menangkap untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga tetapi memanfaatkan permintaan pasar yang saat ini sangat tinggi,” tandasnya.

Dirinya berharap, melalui bantuan yang diberikan Pemkot Jayapura melalui dinas perikanan tidak hanya berdampak pada usaha para nelayan namun juga berdampak pada peningkatan pendapatan dan perekonomian nelayan OAP.

Di tempat yang sama, Ketua pelaksana teknis kegiatan, Wasmilka, menambahkan jika tujuan pemberian bantuan adalah meningkatkan kesejahteraan nelayan serta mendukung keberlanjutan industri perikanan di Kota Jayapura.

“Jenis bantuan yang kami berikan yakni peralatan pancing, life jacket dan coolbox,” jelasnya.

Bantuan yang diberikan kepada 50 orang nelayan OAP ini pembiayaannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2024. (Eng)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *