Sekda Papua Dorong Percepatan Pembentukan Provinsi Papua Selatan

  • Whatsapp
Sekretaris Daerah Papua, Dance Yulian Flassy

JAYAPURA, FP.COM – Pemerintah Provinsi Papua mendorong rencana pembentukan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Selatan dipercepat.

Sekretaris Daerah Papua, Dance Yulian Flassy di Jayapura, Rabu (16/6/2021) mengatakan, dengan terbentuknya Provinsi Papua Selatan maka dipastikan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat akan semakin pendek. Dengan begitu, pembangunan yang dilakukan pemerintah akan semakin terasa.

Read More

iklan

iklan

“Tujuannya hanya satu yakni memperpendek rentang kendali penyelenggaraan Pemerintahan. Supaya pembangunan semakin terasa dan dampaknya pun semakin dirasakan oleh masyarakat,” kata Sekda.

Ia mengaku Pemekaran ini dipandang penting dan harus dipercepat. “Pemerintah Provinsi Papua, DPR Papua dan MRP bersama-sama mendorong percepatan pembentukan Provinsi Papua Selatan,” ujarnya.

Diketahui, empat bupati di kabupaten yang terletak di Papua bagian selatan telah resmi mendeklarasikan pembentukan Provinsi Papua Selatan pada Selasa (15/6/2021). Keempat Bupati itu  yakni Bupati Merauke, Asmat, Boven Digoel dan Mappi.

Acara deklarasi ini turut ditandai dengan aksi pengumpulan tanda tangan dari para tokoh masyarakat, tokoh agama, adat dan pemuda dan pimpinan DPRD di empat kabupaten itu.

Sebelumnnya, Mendagri Tito Karnavian menegaskan saat ini terdapat 317 daerah yang mengajukan pemekaran DOB kepada pemerintah. Namun, tak satu pun disetujui pemerintah untuk menjadi DOB.

Hal ini menyusul situasi keuangan negara yang tidak memungkinkan untuk melakukan pemekaran sebuah wilayah akibat pandemi Covid-19. Pemerintah saat ini masih memprioritaskan pemulihan ekonomi dan kesehatan. (FPKontr3)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *