Telkom Gunakan SKKL Patara untuk Pulihkan Jaringan Telekomunikasi di Jayapura

General Manager Telkom Witel Papua, Agus Widhiarsana/Syahriah

JAYAPURA, FP.COM – General Manager Telkom Witel Papua, Agus Widhiarsana mengatakan, Telkom melakukan proses identifikasi titik lokasi dan penyebab terjadinya gangguan sekaligus secara paralel melakukan proses mitigasi pemulihan layanan Telkom Group agar dapat sesegera mungkin berfungsi kembali.

Agus menjelaskan, pada tahap awal proses mitigasi recovery, sekitar pukul 10:15 WIT secara bertahap berhasil diaktifkan layanan telekomunikasi utama Telkomsel 2G untuk layanan voice call dan akses internet untuk layanan publik Astinet dan VPN IP.

Read More

‘’Diperkirakan pada pukul 15:00 WIT layanan Telkomsel sudah dapat berfungsi normal kembali, sedangkan layanan internet IndiHome sudah dapat berfungsi namun dengan bandwidth yang terbatas,’’ jelasnya di Jayapura, Jumat (10/3/2023).

Agus mengatakan, layanan IndiHome triple play untuk voice, TV dan internet telah berfungsi normal kembali sekitar pukul 23:00 WIT.

Untuk memulihkan layanan Telkom Group, kata Agus, Telkom memanfaatkan secondary route link backbone atau penghubung rute sekunder (kabel optic cadangan) SKKL Pantai Utara (Patara).

Sebelumnya, gangguan jaringan telekomunikasi di Jayapura dan sekitarnya pada Kamis (9/3/2023) sejak pukul 08:05 WIT menyebabkan penurunan kualitas layanan telekomunikasi.

Hal tersebut disebabkan terjadinya gangguan pada jaringan backbone Sistem Komunikasi Kabel Laut Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SKKL SMPCS) pada ruas Sarmi – Biak.

Agus menyampaikan terima kasih atas dukungan dan doa masyarakat, sekaligus permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelanggan di wilayah Jayapura dan sekitarnya.

Dia berharap layanan Telkom Group dapat selalu memberikan manfaat kebaikan untuk seluruh masyarakat. (FPKontr1)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *