Cara Manajemen RSUD Abepura Mengatur Pelayanan di Masa Libur

  • Whatsapp
Direktur RSUD Abepura dr. Daisy CH. Urbinas
FKUB Puasa

JAYAPURA, FP.COM – Masa libur natal dan tahun baru hampir tiba, tapi namanya rumah sakit tak ada kata “libur”. Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura misalnya, pelayanan tetap saja berjalan, meskipun ada perubahan jadwal dan teknis pelaksanaan.

“Sekalipun libur, kami upayakan pelayanan tetap berjalan untuk masyarakat baik covid dan non-covid, pasien rawat inap, rawat jalan, gawat darurat,” ungkap Direktur RSUD Abepura dr Daisy Urbinas, Senin (14/12/20).

Read More

Mudik

Secara teknis, pelayanan masa libur ini dikomandani wakil direktur pelayanan didukung oleh para kepala bidang.

“Seperti kabid keperawatan mengatur kesiapan para perawat, kabid  pelayanan medik menyiapkan tenaga dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, di penunjang mengatur soal farmasi, analisis gizi dan seterusnya,” lanjut Urbinas.

Selain itu pihak manajemen juga punya tugas menyiapkan supervisor safety untuk mengontrol pelayanan di masa libur.

“Jadi nanti ada kekurangan/komplain, petugas di lini pelayanan sudah tahu siapa yang harus dia hubungi (supervisornya). Dalam seminggu, tiap hari sudah ditentukan pejabatnya (supervisor).

Semua unit layanan, baik dokter, perawat maupun penunjang dituntut melaporkan jadwal jaganya, termmasuk siapa ketua timnya.

“Dengan begitu, kita tahu siapa-siapa yang bertugas hari itu,” jelasnya.

Perubahan pelayanan yang paling kasat mata akan terlihat pada polik. Jadwal polik pagi ditiadakan dan akan dipindahkan di sore hari.

“Digelar bukan di tempat biasa, tapi dekat IGD (Intalasi Gawat Darurat), agar masyarakat yang datang bisa melihat, dan yang tidak perlu ditangani di IGD langsung ke polik,” tambahnya. (*)

FKUB

RS Abe

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *