Jadi Event Bulanan, Culinary Week bakal Digelar Bergiliran di Tiap Distrik

Pengunjung yang membanjiri event Imbi Culinary Week (ICW) vol 2 yang lalu di taman Imbi Kota Jayapura

JAYAPURA, FP.COM – Event Imbi Culinary Week dalam dua season sebelumnya, 12-18 Januari 2023 dan 23-29 Januari 2023 menuai sukses.

Dari hasil evaluasi dua kali penyelenggaraan itu, event kuliner yang dipromotori oleh Octow Entertainment, besutan Okto Worabay itu dijadwalkan akan kembali dihelat di Papua Trade Center (PTC) Entrop Jayapura bulan ini.
Pemindahan lokasi yang sebelumnya di Taman Imbi itu diputuskan atas rekomendasi dari Dinas Pariwisata Kota Jayapura.

Read More

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Matias Mano yang ditemui awak Fokus Papua, Senin 31/01/2023, mengatakan, pihaknya telah mendapat sejumlah masukan dari masyarakat untuk penyelenggaraan berikutnya.

Masukan inilah yang kemudian menjadi dasar untuk memberi rekomendasi kepada pihak promotor.
“Kita evaluasi dan sudah sampaikan bahwa event ini dilakukan cukup sekali selama tujuh hari dalam sebulan,” ujar Mano.

Matias Mano, Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura

Beberapa pertimbangan sebelum keputusan ini diambil yakni mendengarkan keluhan dari pedagang reguler yang mengaku omzetnya jauh turun dan kemacetan, sebagai efek dari event tersebut.

“Jadi kita harus menjaga keseimbangan itu. Parkiran juga menutupi badan jalan sehingga dirasa mengganggu arus lalu lintas, lalu di situ juga ada beberapa kantor, nah akses untuk kantor-kantor ini juga sangat terganggu,” terangnya.

Meskipun begitu, Mano mengakui jika Imbi Culinary Week sebagai sebuah kegiatan ekonomi kreatif yang bertumbuh dan berkembang dan layak didukung. Untuk mengatasi hal ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan juga manajemen Octow Entertainment.


“Jadi jangan beranggapan bahwa pemerintah menghalang-halangi, kita punya tugas mengatur supaya nanti ada event lain yang masuk ke situ (Taman Imbi-red), jangan nanti orang beranggapan terkesannya monopoli. Yang penting kita harapkan dari penyelenggara dan pelaku UMKM ini ada aktivitas sebulan dan pemasukan jalan terus.”ujar Matias Mano.

Rekomendasi lainnya adalah, event ini digelar bergiliran di lima distrik, untuk Jayapura Selatan disarankan di areal Papua Trade Centre (PTC) Entrop.
“Saya sudah sarankan ke Okto: kamu nanti bikin di PTC saja, kita dari pemerintah akan membantu untuk memfasilitasi komunikasi dengan pihak PTC, karena itu kan pihak swasta tinggal kita bangun pola kerjanya saja.”

Okto Worabay selaku promotor event kuliner ini kepada Fokus Papua, sore tadi (Sabtu,04/2/23) mengatakan, pihaknya sudah menerima rekomendasi Pemerintah Kota Jayapura dan akan menggelar event kuliner yang berlabel “Entrop Culinary Week” di pelataran Papua Trade Center(PTC) tepatnya di parkiran Waterpark, pada tanggal 06 hingga 12 Februari 2023 mendatang.


“Saya pada prinsipnya siap saja untuk pengelolaan kegiatan kuliner, sekaligus ingin membantu pemerintah menghidupkan kegiatan kuliner yang menggunakan ruang publik, namun kami mohon dibantu oleh pemerintah untuk membebaskan penyewaan lahan atau area kegiatan sehingga tidak memberatkan kami dalam penyewaan (biaya) karena itu juga akan mempengaruhi operasional kami dan harga sewa stand,” beber Okto.


Okto pun menyebut hingga saat ini antusiasme pelaku UMKM kuliner terus bertambah. Pendaftar sudah tembus 50 stand, sudah penuh, itu pun masih banyak yang terus pesan, waiting list sekitar 20 stand sudah tidak kami layani,” akunya.


Ia pun berharap, para pelaku UMKM yang belum kebagian dalam event kuliner ini tidak berkecil hati dan dapat mengambil bagian pada event berikutnya.
“ICW volume 2 di Imbi yang lalu berhasil tembus penjualan sampai 500 juta dan pendapatan tenant ada yang sampai 44 juta per 7 hari, sehingga kami memandang kegiatan ini akan berkontribusi bagi umkm di kota Jayapura,” pungkas Okto. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *