Kadinkes Sebut BPJS Kesehatan Pelindung Utama bagi Masyarakat Papua

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Robby Kayane/Syahriah

JAYAPURA, FP.COM – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Papua, Robby Kayame menyampaikan bahwa telah dilakukan pertemuan antara Pemprov Papua dengan Direktur Utama BPJS Kesehatan dalam rangka meminta dukungan penuh BPJS Kesehatan dalam optimalisasi pelayanan kesehatan pasca adanya pemekaran daerah pemerintahan baru.

“Terjadinya pemekaran daerah Pemprov baru, menyebabkan adanya peningkatan persebaran penduduk di tanah Papua. Hal ini juga mengakibatkan adanya peningkatan terhadap layanan kesehatan,” kata Robby saat menghadiri media gathering BPJS Kesehatan di Boluta Cafe di Kota Jayapura, Senin (26/6/2023).

Read More

Menurutnya, peningkatan ini berpengaruh terhadap angka harapan hidup. Angka harapan hidup bergantung pada mutu layanan kesehatan.

“Oleh karena itu, pemerintah harus aktif untuk berkolaborasi dengan lembaga lainnya agar dapat memenuhi kebutuhan layanan kesehatan, salah satunya adalah dengan BPJS Kesehatan,” jelas Robby.

Robby mengapresiasi kerja keras BPJS Kesehatan yang berhasil mencapai lebih dari 95 persen penduduk telah ikut serta dalam program JKN untuk mewujudkan kondisi Universal Health Coverage (UHC) di tanah Papua.

Terlebih lagi, kata Robby, Kartu Papua Sehat (KPS) tidak dapat menjadi pelindung utama masyarakat Papua, melainkan BPJS Kesehatan yang menjadi pelindung utama dan diunggulkan oleh Pemprov Papua.

Sementara itu, Apriyanto Pontjapu selaku Kepala Bagian Mutu Layanan Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Jayapura memaparkan terkait pelaksanaan program JKN di wilayah kerja Kota Jayapura.

Apriyanto menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan memiliki beragam program dan fasilitas untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan.

“Sebagai upaya kami dalam mewujudkan transformasi mutu layanan, BPJS Kesehatan memberikan beragam program dan fasilitas kepada masyarakat Papua untuk mempermudah akses terhadap layanan yang berkualitas,” jelasnya.

‘’Seperti integrasi penggunaan NIK KTP dalam pelayanan, Administrasi tanpa berkas fotocopy, program Rehab (Rencana Pembayaran Bertahap), serta kanal layanan yang beragam dan multifugsi, yaitu BPJS Care Center 165, Aplikasi Mobile JKN, Pandawa,” kata Apriyanto.

Plh. Deputi Direksi Wilayah XII BPJS Kesehatan, Mangisi Raja Simarmata mengatakan bahwa terkait beragam pelayanan BPJS Kesehatan tidak hanya ada di Kantor Cabang Jayapura, melainkan juga diterapkan di seluruh Kantor di tanah Papua yang berada di wilayah kerja Kedeputian Wilayah XII. (FPKontr1)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *